SHALAT MUSAFIR JIKA MENJADI IMAM ATAU DI BELAKANG IMAM

 Aug, 21 - 2015   no comments   HaditsIbadah & Muamalat

بسم الله الرحمن الرحيم
💦Al-Muwaththo Imam Malik – HADITS No. 404 – 405
〰〰〰〰〰〰
📚فوائد علمية من جلسة ليلة الأحد 24 شوال 1436 الموافق 08/08/2015

📚 درس الموطأ للشيخ علي بن سالمين الكثيري أبي سعيد حفظه الله
📚Fawaid Ilmiyah – Malam Ahad 24 Syawal 1436 H bertepatan dengan 08 Agustus 2015

📚Kajian Al-Muwaththo oleh Syaikh Ali bin Salimin al-Katsiri Abu Sa’id hafizhahullah

🌀 بَابُ صَلَاةِ الْمُسَافِرِ إِذَا كَانَ إِمَامًا أَوْ كَانَ وَرَاءَ إِمَامٍ

🌀BAB. SHALAT MUSAFIR JIKA MENJADI IMAM ATAU DI BELAKANG IMAM
  〰〰〰〰〰〰
⚠ 404 – حَدَّثَنِي يَحْيَى، عَنِ مَالِكٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ كَانَ إِذَا قَدِمَ مَكَّةَ صَلَّى بِهِمْ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَقُولُ: «يَا أَهْلَ مَكَّةَ أَتِمُّوا صَلَاتَكُمْ، فَإِنَّا قَوْمٌ سَفْرٌ»،
✏Telah menceritakan kepada-ku (🚩Ubaidilah bin Yahya bin Yahya al-Laitsi, w. 298) dari
🚩 Yahya (Yahya bin Yahya al-Laitsi w. 244 H) dari 🚩Malik (bin Anas, w. 179 H) dari 🚩Ibnu Syihab (Muhammad bin Muslim, faqih hafizh mutqin, wafat 124 H) dari 🚩Salim bin Abdullah (w. 106 H) dari Bapaknya 🚩(Abdullah bin Umar w. 73 H), bahwa ketika 🚩Umar bin Khatthab (w. 23 H)  datang di Makkah, ia shalat mengimami mereka dengan dua rekaat. Lalu ia berkata; “Wahai penduduk Makkah! Sempurnakan shalat kalian, sesungguhnya kami dalam keadaan safar.”

📚(Perawi hadits yang pernah disebutkan secara lengkap di pembahasan faidah hadits-hadits sebelumnya hanya akan diulang sedikit dengan tahun wafatnya saja.)

🔺 الأثر صحيح
:idea:(Derajat) Al-Atsar : Shohih

📌 في أثر عمر رضي الله عنه  لم يثبت هذه الصورة من النبي صلى الله عليه و سلم الحديث الصحيح
✏Di dalam Atsar Umar radhiallahu’anhu (tersebut) tidak ada ketetapan dari Nabi Shallallahu’alaihi wasallam dalam hadits yang shohih. (Artinya tidak ada hadits shohih dari Nabi Shallallahu’alaihi wasallam yang menyebutkan tentang apa yang dilakukan oleh Umar radhiallahu’anhu)

📌 و قد جاء الحديث الضعيف في سنن أبي داود رقم : 1229 :
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، قَالَ: ” غَزَوْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَهِدْتُ مَعَهُ الْفَتْحَ [ص:10]، فَأَقَامَ بِمَكَّةَ ثَمَانِي عَشْرَةَ لَيْلَةً، لَا يُصَلِّي إِلَّا رَكْعَتَيْنِ، وَيَقُولُ: «يَا أَهْلَ الْبَلَدِ، صَلُّوا أَرْبَعًا فَإِنَّا قَوْمٌ سَفْرٌ»

🔎انظر ضعيف أبي داود – الأم – 225
✏Dan ada hadits dhoif yang berkaitan dengan hal tersebut di Sunan Abi Dawud no. 1229
✏Dari Imron bin Husain, dia berkata,  “Aku pernah berperang bersama Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam dan aku menyaksikan bersama beliau al-Fath (Fathul Makkah – Penaklukan Kota Mekkah) maka beliau (shallallahu’alaihi wasallam) tinggal menetap di mekkah selama 18 malam, sholatnya hanya 2 rokaat dan beliau bersabda, ‘Wahai penduduk negeri (muqim di mekkah) sholat kalian 4 rokaat (sempurna) karena sesungguhnya kami adalah kaum yang sedang safar.”’

🔺قال ابن عبد البر رحمه الله : ” لَا أَعْلَمَ خِلَافًا بَيْنَ الْعُلَمَاءِ فِي ذَلِكَ ” يعني ليس فيه الإختلاف عن إمامة المسافر للمقيم و وقع الإختلاف بين أهل العلم عن إمامة المقيم للمسافر
🔎 (انظر الإستذكار 2/249 )
✏Ibnu Abdil Bar rahimahullah berkata, “Aku tidak mengetahui adanya perselisihan pendapat di antara para ulama tentang masalah tersebut” yaitu tidak ada perselisihan pendapat tentang Imam seorang musafir bagi orang yang muqim namun yang menjadi perselisihan diantara para ulama adalah tentang imam seorang mukim bagi orang yang musafir. (Lihat al-Istidzkaar 2/249)

👈 لماذا عمر يصلي بالناس ركعتين في مكة ؟
لأنه إمام المسلمين
❓Kenapa Umar radhiallahu’anhu mengimami manusia dengan sholat dua rokaat di Mekkah?
📏Karena beliau adalah seorang Pemimpin kaum Muslimin.

🔺قَالَ الْبَاجِيُّ: كَانَ عُمَرُ لَا يَسْتَوْطِنُ مَكَّةَ لِأَنَّ الْمُهَاجِرِيَّ مَمْنُوعٌ مِنِ اسْتِيطَانِهَا لِأَنَّهُ قَدْ هَجَرَهَا لِلَّهِ تَعَالَى وَكَانَ عُمَرُ أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْتَحِقَّ لِلْإِمَامَةِ، وَمَحَلُّ كَوْنِ الْأَفْضَلِ تَقْدِيمُ غَيْرِ الْمُسَافِرِ فِي الْإِمَامَةِ فِي غَيْرِ مَوْضِعِ الْأُمَرَاءِ وَالْإِمَامِ الرَّاتِبِ.
✏Al-Baji (- Sulaiman bin Khalaf al-Baaji rahimahullah, wafat th.  474 H), Umar radhiallahu’anhu itu tidak tinggal menetap di Mekkah karena beliau adalah termasuk kaum Muhajirin yang dilarang untuk menjadikan Mekkah sebagai negeri tetap tempat tinggalnya karena beliau telah berhijrah karena Allah (meninggalkan kota Mekkah) dan Umar adalah Amirul Mukminin (Pemimpin Kaum Mukminin) dan beliau berhak untuk menjadi imam (sholat) dan keutamaan dalam menjadi Imam Sholat tidak lah diperuntukkan untuk musafir kecuali apabila posisinya sebagai Pemimpin ataupun Imam Rawatib.

🔺ثم يقول ” يَا أَهْلَ مَكَّةَ أَتِمُّوا صَلَاتَكُمْ، فَإِنَّا قَوْمٌ سَفْرٌ ” أي مسافر
✏Kemudian perkataan Umar, “Wahai Penduduk Mekkah sempurnakan sholat kalian karena sesungguhnya kami adalah kaum yang sedang bersafar” yaitu musafir

🔺و ذلك بعد التسليم الأول فيتم من خلفه الصلاة من أهل مكة
✏Dan ucapan beliau radhiallahu’anhu dilakukan setelah salam yang pertama agar orang yang sholat dibelakang beliau dari penduduk mekkah menyempurnakan sholatnya

🔺و هذه السنة يعمل بها
من عمل بها فهو يعمل سنة الخلفاء الراشدين و يجوز له أن يعمل بها أحيانا و يتركها أحيانا .
✏Dan perbuatan mengucapkan  (أَتِمُّوا صَلَاتَكُمْ، فَإِنَّا قَوْمٌ سَفْرٌ – sempurnakan sholat kalian karena sesungguhnya kami adalah kaum yang sedang bersafar) adalah termasuk sunnah, barangsiapa yang melakukannya maka dia telah melakukan sunnahnya para khufaur rasyidin, dan boleh baginya kadang kala melakukan ataupun meninggalkannya.

🚨  سئل الشيخ علي سالمين حفظه الله :
🚨Syaikh Ali Salimin hafizhahullah ditanya:
❓ هل يجوز لعجمي أن يقول باللغة العجمية يعني أن يقول مثل عمر ولكن باللغة العجمية ؟
❓Apakah boleh bagi orang selain arab untuk mengucapkannya (“lafazh dari Umar tersebut) dengan bahasa selain arab yaitu mengucapkan seperti ucapan Umar namun dengan bahasa non arab ?

:idea:و أجاب الشيخ حفظه الله : يجوز له أن يقول باللغة العجمية بعد التسليم الأول مباشرة لأنه قد خرج من الصلاة بعد التسليم الأول
👌Syaikh Ali Salimin hafizhahullah menjawab: “Boleh baginya untuk mengucapkannya dengan bahasa non arab secara langsung setelah salam yang pertama karena dia telah dianggap selesai dari sholat setelah salam yang pertama.

🚨  التنبيه للمصلين خلف الإمام يكون بعد السلام ليس قبل الصلاة كما فعل عمر رضي الله عنه
🚨(Seorang imam) Memberikan peringatan kepada jama’ah yang sholat dibelakangnya adalah dilakukan setelah salam dan bukan di awal sebelum sholat, hal ini sebagaimana dilakukan oleh Umar radhiallahu’anhu.

〰〰〰〰〰〰〰
⚠ 405 – وَحَدَّثَنِي عَنْ مَالِكٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ مِثْلَ ذَلِكَ
✒405. Telah menceritakan kepadaku (Ku=🚩 Yahya bin Yahya al-Laitsi w. 244 H) dari 🚩Malik (bin Anas, w. 179 H) dari
🚩Zaid bin Aslam  (nama lengkapnya:
زيد بن أسلم القرشى العدوى ، أبو أسامة
Zaid bin Aslam al-Qurasy al-‘Adawy, Abu Usamah, Tsiqah/terpercaya ‘Alim/Berilmu banyak, Wa Kaana Yursil/Terkadang beliau memursalkan hadits, w. 136 H)
dari
🚩bapaknya (Aslam) (nama lengkapnya:
أسلم القرشى العدوى
Aslam al-Qurasyi al-‘Adawi – pembantu Umar bin al-Khoththob, tsiqah, w. 80 H)
dari Umar radhiallahu’anhu seperti yang tersebut (diatas-hadits sebelumnya)

🔺 الأثر : صحيح
:idea:Derajat al-Atsar : Shohih

🔺أن الأثر من عمر – قد روي:
1 – عن سالم بن عبدالله عن   عمر
2-  عن زيد بن أسلم و عن أسلم عن عبد الله ابن عمر
فله طريقان
✏Atsar dari Umar radhiallahu’anhu (tentang ucapan diatas) diriwayatkan oleh:

1⃣    Dari Salim bin Abdillah dari Abdullah bin Umar radhiallahu an’hum
2⃣   Dari Zaid bin Aslam dari Aslam dari Abdullah bin Umar

Maka Atsar tersebut mempunyai dua jalan periwayatan.

Semoga Bermanfaat
🚰 Zaki Abu Kayyisa
〰〰〰〰〰〰〰〰
Silahkan Bergabung via WA
📚FAWAID
Al MUWATHTHO
wa Zaidah💦

Ikhwan : +971 563000 370
Akhwat : +971 566921 841
                 +6282122630645

Posted from WordPress for Android


Related articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Fields with * are mandatory.