DAKWAH HAQ VS BATHIL
As-Syaikh al-Allâmah Shâlih bin Fauzân al-Fauzân -semoga Allâh menjaga beliau – berkata :
🔈”Inilah Syaikhul Islâm (Ibnu Taimiyah), beliau disiksa dan meninggal di dalam penjara. Akan tetapi dakwah beliau mendapatkan kesuksesan setelahnya.
❓Kenapa?
▶ Karena dakwah beliau adalah dakwah yang murni, yang berangkat dari al-Qur’an dan as-Sunnah.
Sebagaimana dlm firman Allah Ta’ala :
ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﺰﺑﺪ ﻓﻴﺬﻫﺐ ﺟﻔﺎﺀً ﻭﺃﻣﺎ ﻣﺎﻳﻨﻔﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻓﻴﻤﻜﺚ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ
“adapun buih, akan sirna tak bernilai apapun. Adapun sesuatu yg bermanfaat bagi manusia maka akan menetap di bumi. ” (QS ar-ra’d)
Adapun para penyeru kesesatan, walaupun ratusan ribu orang berkerumun mengelilingi mereka, sejatinya mereka ini hanya buih hujan.
👍 Karena itu, dakwah Al-Haq (yg benar), maka kebaikan dan pengaruhnya akan kekal sepanjang pergantian generasi …
👎 Adapun dakwah yang tidak benar, atau dakwah tendensius yang bertujuan untuk mencapai sesuatu kepentingan tertentu, maka sesungguhnya dakwah seperti ini, walaupun manusia pada suatu waktu banyak berkumpul di sekitarnya, namun tidaklah lepas dari kondisi :
1⃣ Tidak ada berkah padanya
2⃣ Tidak ada kebaikan di dalamnya
3⃣ Tidak memberi pengaruh positif (kebaikan) bagi manusia.”
📚 (I’ânatul Mustafîd Syarah Kitâb at-Tauhîd hal. 159)
#dakwah #Ibnu_Taimiyah #manhaj #salaf #salafiyah #ahlus_sunnah #dakwah_haq #dakwah_bathil
**********
✏ @abinyasalma (Twitter & Instagram)
💻 abusalma.net || rachdie.wordpress.com
📱 081554090003 (Whatsapp dan Telegram)
**********
ﻗﺎﻝ الشَّيخُ العَلاَّمَةُ صالح بن فوزان الفوزان حَفظُــــهُ الله
” ﻫﺬﺍ ﺷﻴﺦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻋُﺬّﺏ ﻭﻣﺎﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺠﻦ ، ﻟﻜﻦ ﻧﺠﺤﺖ ﺩﻋﻮﺗﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﺑﻌﺪ ، ﻟﻤﺎﺫﺍ ؟
ﻷﻧﻬﺎ ﺩﻋﻮﺓ ﺃﺻﻴﻠﺔ ،
ﺗﺮﺗﻜﺰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ،
ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ :
{ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﺰﺑﺪ ﻓﻴﺬﻫﺐ ﺟﻔﺎﺀً ﻭﺃﻣﺎ ﻣﺎﻳﻨﻔﻊ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻓﻴﻤﻜﺚ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ }
ﺃﻣﺎ ﺩﻋﺎﺓ ﺍﻟﻀﻼﻝ ﺣﺘﻰ ﻭﻟﻮ ﺗﺠﻤﻬﺮ ﺣﻮﻟﻬﻢ ﻣﺌﺎﺕ ﺍﻷﻟﻮﻑ ﻓﺈﻥ ﻫﺬﺍ ﻏﺜﺎﺀٌ ﻛﻐﺜﺎﺀ ﺍﻟﺴﻴﻞ .
ﻓﺎﻟﺪﻋﻮﺓ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﻳﺒﻘﻰ ﺧﻴﺮﻫﺎ ﻭﺃﺛﺮﻫﺎ ﻋﻠﻰ ﻣﺮّ ﺍﻷﺟﻴﺎﻝ ،ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ، ﺃﻭ
ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺍﻟﻤﻐﺮﺿﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﻘﺼﺪ ﻣﻨﻬﺎ ﺃﺷﻴﺎﺀ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻓﻬﺬﻩ ﻭﺇﻥ ﺗﺠﻤﻬﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺣﻮﻟﻬﺎ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﻣﻦ ﺍﻷﻭﻗﺎﺕ ﺇﻻ ﺃﻧﻬﺎ :
ﻻﺑﺮﻛﺔ ﻓﻴﻬﺎ ،
ﻭﻻﺧﻴﺮ ﻓﻴﻬﺎ ،
ﻭﻻ ﺗﺆﺛّــﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺧﻴﺮﺍً .
ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻤﺴﺘﻔﻴﺪ ﺑﺸﺮﺡ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﺹ ١٥٩