SHALAT MUSAFIR SELAMA TIDAK BERNIAT TINGGAL MENETAP (BAG 1)
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
📚فوائد علمية من جلسة ليلة الأحد 24 شوال 1436 الموافق 08/08/2015
الجلسة الأربعون من درس الموطأ للشيخ علي بن سالمين الكثيري أبي سعيد حفظه الله
📚Fawaid Ilmiyah – Malam Ahad 24 Syawal 1436 H bertepatan dengan 08 Agustus 2015
🔺Pertemuan 40 dari Kajian Al-Muwaththo oleh Syaikh Ali bin Salimin al-Katsiri Abu Sa’id hafizhahullah
💦Al-Muwaththo Imam Malik – HADITS No. 400
🌀BAB SHALAT MUSAFIR SELAMA TIDAK BERNIAT TINGGAL MENETAP
〰〰〰〰〰〰
بسم الله الرحمن الرحيم
🌀 بَابُ صَلَاةِ الْمُسَافِرِ مَا لَمْ يُجْمِعْ مُكْثًا
🌀SHALAT MUSAFIR SELAMA TIDAK BERNIAT TINGGAL MENETAP
🔺ما لم يجمع – ما لم يعزم – ما لم يصمم على المكث- يعني ما لم يعزم على الإقامة – ويصمم عليها
🔺Ma Lam Jujmi’ / Selama tidak berniat – Ma Lam Ya’zim/Selama tidak bersungguh sungguh – Ma Lam YuShommim ‘Ala al-Muktsa /Selama tidak benar-benar ingin tinggal – yaitu Ma Lam Yu’zim ‘Alal Iqaamah/Selama tidak bersungguh-sungguh ingin menetap – Wa Yushomim ‘Alaiha/Dan Benar-benar ingin menetap.
🔺 المكث أي المقام
🔺Al-Muktsu yaitu sama dengan Al-Muqaamu/tinggal menetap – (jawa : manggrok ora ning ngendi-ngendi)
🔺أجمعت الأمر و أجمعت عليه – أي يتعدى بنفسه و يتعدى بحرف الجر يعنى “على”
🔺 Ajma’tu al-Amro/ Aku berniat untuk suatu urusan – Wa Ajma’tu ‘Alaihi /Dan Aku berniat terhadap suatu urusan – yaitu membutuhkan objek dengan asli kata kerjanya dan juga karena ada harf jaar ‘Ala على.
🔺كما جاء في الحديث:
Sebagaimana terdapat dalam hadits
👈قال النبي صلى الله عليه وسلم : 🚩( مَنْ لَمْ يُجْمِعْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلا صِيَامَ لَهُ ) رواه أبو داود : 2454 الترمذي : 730
الحديث صحيح – صححه الألباني في صحيح أبي داود الأم – 2118
Sabda Nabi Shollallahu’alaihi wasallam, Barangsiapa yang belum menghadirkan niat untuk berpuasa (puasa wajib) sebelum fajar maka tidak ada puasa baginya. (HR. Abu Dawud no. 2454, at-Tirmidzi no. 730, Hadits Shohih, Syaikh Al-Albani menshohihkannya di Shohih Abi Dawud al-Umm no. 2118)
🚩( مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ مِنْ اللَّيْلِ فَلا صِيَامَ لَهُ ) . النسائي (2334) صححه الألباني في الإرواء رقم 914 .
🔺والمعنى : من لم ينو الصيام ويعزم على فعله من الليل فلا صيام له
(Dan hadits yang hampir sama)
“Barangsiapa yang tidak menetapkan pada malam hari untuk berpuasa (puasa wajib) maka tidak ada puasa baginya” (HR. An-Nasa-I no. 2334, Syaikh Al-Albani menshohihkannya dalam Irwaul Gholiil no. 914)
🔺Dan Maknanya adalah barangsiapa yang pada malam harinya tidak berniat puasa (puasa wajib) dan tidak bersungguh-sungguh untuk melakukan puasa (puasa wajib) maka tidak sah puasanya.
📒 الإنسان على ثلاثة أحوال من حيث السفر عند الفقهاء:
📒Keadaan manusia dalam bepergian itu ada tiga macam menurut para Ahli Fiqih:
مسافر,ومقيم,ومستوطن
1. Musafir, 2. Muqim dan 3. Mustawthin.
1⃣ مسافر: وهو من ينتقل ويجد به السفر وليس مقيمًا ولا نازلاً ببلد معين،
🔺 Musafir, yaitu orang yang berpindah-pindah selama bepergian dan tidak menetap serta tidak singgah (lama) di negeri tertentu
2⃣ و مقيم هو من أقام ببلد فترة تنقطع فيها أحكام السفر، ولكنه ينوي الرجوع إلى أهله ولا ينوي جعل هذا البلد وطناً
🔺 Muqiim yaitu orang yang menetap di suatu negeri beberapa lama dan terputus darinya hukum-hukum safar namun dia masih menginginkan untuk kembali lagi ke keluarganya (tanah airnya) dan tidak menjadikan (negeri tempat tinggalnya) sebagai negeri tanah airnya.
3⃣ مستوطن: وهو من يسكن بلداً ونيته البقاء فيها كوطن دائم له
🔺 Mustawthin yaitu orang yang tinggal di suatu negara dan berniat tinggal selamanya di dalamnya sebagai tanah airnya.
🔺و المقيم هو الواسط بين مسافر و مستوطن وهذا المقصود ما لم يجمع مكثا يعنى ما لم ينوي المقام و الإستقرار بمكان و لكن هو لا يكون مستوطن لا يأخد حكم مستوطن
🔺Dan Muqiim itu adalah golongan tengah antara musafir dan mustawtin. Inilah maksud dari MA LAM YUJMI’ MUKTSAAN/ Selama tidak berniat tinggal menetap yaitu selama (musafir) itu tinggal mukim menetap di suatu tempat dan dia bukanlah sebagai mustawtin dan tidak dihukumi sebagai mustawtin
🔺و مقصود الإمام مالك – ما لم يجمع مكثا – ما لم يعزم على البقاء في المكان
🔺Dan yang diinginkan oleh Imam Malik (dari Judul Bab ini ) – Ma Lam Yujmi’ Muktsaan / Selama tidak berniat untuk tinggal menetap – Ma Lam Ya’zim ‘Ala Al-Baqa’ fil Makaan /Selama tidak berkeinginan sungguh-sungguh untuk tinggal menetap di suatu tempat.
🔺و مفهوم المصنف من هذه الترجمة أنه إذا أجمع مكثا فتغير الحكم و يذكر في الباب الذي يليه فالبابان متلازمان
🔺Dan apa yang difahami oleh Imam Malik rahimahullah dari Judul Bab diatas adalah apabila berniat untuk menetap mukim maka berubahlah hukumnya dan beliau menyebutkannya (apa yang menjadi kebalikan pengertian pada bab pertama ) di bab berikutnya maka dua bab tersebut adalah saling berkaitan satu sama lain.
〰〰〰〰〰
⚠400 – حَدَّثَنِي يَحْيَى، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُولُ: أُصَلِّي صَلَاةَ الْمُسَافِرِ، مَا لَمْ أُجْمِعْ مُكْثًا وَإِنْ حَبَسَنِي ذَلِكَ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً
Telah menceritakan kepada ku (🚩Ubaidilah bin Yahya bin Yahya al-Laitsi, tsiqah/terpercaya, w. 298 H)
🚩Yahya (Yahya bin Yahya al-Laitsi, tsiqah/terpercaya, w. 244 H) dari 🚩Malik (Malik bin Anas, w. 179 H) dari
🚩Ibnu Syihab (Namanya adalah
محمد بن مسلم
Muhammad bin Muslim, Al-Faqih/Banyak pengetahuannya, al-Hafizh/banyak hafalannya, Mutaffaq ‘ala jalaalatihi – disepakati atas kemuliannya dan kokoh periwayatannya, wafat 125 H)
dari
🚩Salim bin Abdullah
(سالم بن عبد الله بن عمر
Salim bin Abdillah bin Umar, Tsabat/kokoh hafalannya, ‘Abid/ahli ibadah, Fadhil/mempunyai keutamaan, wafat 106 H)
bahwa Abdullah bin Umar (radhiallahu’anhuma, wafat 73 H) berkata; “Aku melakukan shalat sebagaimana shalatnya musafir selama aku tidak berniat untuk tinggal menetap, meskipun tertahan selama dua belas malam.”
🔺الأثر : صحيح
🔺Derajat Atsar : Shohih
🔺قوله 🙁 مَا لَمْ أُجْمِعْ مُكْثًا) أي ما لم أعزم على الإقامة
🔺Perkataannya : (selama aku tidak berniat untuk menetap ) yaitu selama aku tidak bersungguh-sungguh berniat untuk tinggal menetap.
🔺فإذا نويتُ الإقامة في بلد معين فأنا في حكم المقيم – ينقطع حكم قصر الصلاة
🔺Maka apabila aku berniat tinggal menetap di suatu negeri tertentu maka aku dikenai hukum muqiim dan terputuslah hukum melakukan qashor sholat.
🔺كأنه يقول أن ابن عمر رضي الله عنه كان عنده مذهب في هذه المسألة ، وكان يقصر الصلاة إلى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً لكن بعد ذلك جاء بعض رواية مثل عند عبد الرزاق :
🔺 Seolah-olah Imam Malik ingin mengatakan bahwa Ibnu Umar radhiallahu’anhu dalam hal ini mempunyai beberapa pandangan. Dan Ibnu Umar radhiallahu’anhu pernah mengqashor sholat selama 12 hari namun setelah itu datang penjelasan dari beberapa dalil seperti Dari Abdur Razaaq (dalam kitab Mushonaf-nya):
👈4343 – عَنْ عُمَرَ بْنِ ذَرٍّ قَالَ: سَمِعْتُ مُجَاهِدًا يَقُولُ: «كَانَ ابْنُ عُمَرَ إِذَا قَدِمَ مَكَّةَ فَأَرَادَ أَنْ يُقِيمَ خَمْسَ عَشْرَةَ لَيْلَةً سَرَّحَ ظَهْرَهُ فَأَتَمَّ الصَّلَاةَ»
✏Dari Umar bin Dzurr, dia berkata, Aku telah mendengar Mujahid berkata, “Ibnu Umar (radhiallahu’anhuma) ketika beliau sampai di Mekkah dan berkeinginan untuk tinggal 15 hari, beliau mengistirahatkan hewan tunggangannya dan menyempurnakan bilangan roka’at sholat. (HR. Abdur Razaaq dalam kitabnya al-Mushanaf no. 4343.)
🔺و معنى سَرَّحَ ظَهْرَهُ أي سرح راحلته
🔺Dan makna Sarraha Dhohrahu yaitu Sarraha Raahilathu – Mengistirahatkan hewan tunggannya.( Dhohrahu bukan berarti punggungnya)
🔺و لابن عمر عنده أكثر من مذهب في هذا الباب لأنه ذكر خمس عشرة ليلة و اثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً
🔺Dan Ibnu Umar itu mempunya beberapa pandangan berkaitan dengan permasalahan bab ini karena beliau menyebutkan 15 malam dan 12 malam.
🔺و عنده مذهب الأخر – إذا عزم على المقام اثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً قصر الصلاة ثم بعد ذلك يتم و إذا لم يعزم على المقام قصر الصلاة في ما بينه و بين تلك المدة
🔺Dan Ibnu Umar juga mempunyai pandangan yang lainnya yaitu apabila berkeinginan kuat untuk menetap 12 malam maka boleh mengqashor sholat dan jika lebih dari itu maka harus disempurnakan sholatnya dan apabila tidak punya keinginan untuk menetap maka hendaknya mengqashor sholat sepanjang waktu antara batasan 12 hari tersebut.
🔀InSya Allah Bersambung Hadits 401
Semoga Bermanfaat
🚰 Zaki Abu Kayyisa
〰〰〰〰〰〰〰〰
Silahkan Bergabung via WA
📚FAWAID
Al MUWATHTHO
wa Zaidah💦
Akhwat : +971 566921 841
+6282122630645
Ikhwan : +971 563000 370