NASEHAT SYAIKH AHMAD SHALIH AZ-ZAHRANI
Pada tanggal 1 Pebruari 2009, saya mengajukan pertanyaan kepada Syaikh Ahmad Shalih az-Zahrani hafizhahullâhu via email. Saya mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya sebagai berikut :
Kepada Fadhilatus Syaikh Ahmad Shalih az-Zahrani –hafizhahullâhu–
Assalamu’alaikum Warohmatullâhi Wabarokâtuh
Kami memiliki pertanyaan jika Anda berkenan, wahai Syaikh yang mulia –semoga Alloh memberikan taufik-Nya kepada Anda untuk senantiasa berada di jalan yang diridhai Alloh-. Bagaimana pendapat Anda berkenaan dengan menguji manusia dengan individu-individu tertentu, seperti misalnya ada sejumlah masyaikh yang menvonis bid’ah si Fulan, sedangkan yang lainnya tidak berpandangan perlu menvonisnya. Kemudian sebagian orang menguji (orang lain) dengan seorang ulama atau syaikh Fulan dan menjadikan segala fatwa dan ucapannya kepada seseorang sebagai suatu keharusan dan timbangan di dalam walâ` dan barô`, mereka memberikan walâ`-nya kepada orang yang setuju dengan mereka dan memusuhi orang yang menyelisihi mereka. Akibatnya muncul permusuhan dan perpecahan di tengah manusia. Nasehati kami wahai syaikh semoga Alloh memberkahi Anda.
Pertanyaan kedua, apakah benar pendapat yang menyatakan bahwa jarh wa ta’dîl, kritikan dan dukungan termasuk permasalahan ijtihadi secara mutlak, sehingga tidak boleh berpecah belah disebabkan oleh hal ini selamanya?! Dan apakah ucapan ini, “Tidak boleh kita menjadikan perbedaan pendapat diantara kita mengenai orang lain sebagai faktor penyebab perselisihan diantara kita”, adalah ucapan yang benar?
Atas jawaban dan arahan Anda, semoga Anda dibalas dengan kebaikan dan semoga Alloh menambah ilmu dan kelemahlembutan kepada Anda. Semoga Alloh menjadikan jawaban Anda ini dapat bermanfaat bagi kami dan kaum muslimin, mengangkat segala bentuk fitnah dan mempersatukan barisan salafiyun.
Saudara yang mencintai Anda karena Alloh
Abu Salma al-Indonesi
Pada hari yang sama, Syaikh hafizhahullâhu menjawab :
“Tidak boleh menguji manusia kecuali dengan para imam yang tidak diperselisihkan (keimaman) mereka seperti Imam Ahmad, Syafi’i dan yang semisal mereka. Dari kalangan kontemporer seperti Ibnu Baz, Ibnu ‘Utsaimin dan al-Albani –semoga Alloh merahmati mereka semua-. Adapun selain orang-orang ini, maka tidak boleh (menguji manusia dengannya).
Perkara (kedua) pada asalnya termasuk masalah ijtihadi, selama orang tersebut termasuk kalangan ahlus sunnah dan ushûl (pokok)-nya adalah ushûl ahlus sunnah. Perbedaan pendapat mengenai individu lainnya, apakah ia termasuk mubtadi’ atau atau bukan, bervariasi menurut kondisinya dan hal ini termasuk perkara ijtihad insyâ Allôh.
Ungkapan yang kamu sebutkan adalah ungkapan yang benar…
Semoga Alloh memberikan taufik-Nya kepadamu.”
إلى فضيلة الشيخ أحمد صالح الزهراني حفظه الله تعالى
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
لدينا السؤال -لو سمحت- يا فضيلة الشيخ وفقك الله تعالى لمرضاة الله, ما قولكم في قضية امتحان الناس بالأشخاص, لو كان مثلا, بعض المشايخ يبدعون فلانا والآخر لا يرى تبديعه ثم بعض الناس يمتحنون في العالم أو الشيخ الفلاني وجعلوا كل فتاواه وأقواله في الأشخاص إلزاما و ميزانا للولاء والبراء يوالون من وافقهم ويعادون من خالفهم, فيحصل الشقاق والفرقة بين الناس, أفيدنا يا فضيلة الشيخ بارك الله فيك
السؤال الثاني, هل يصح قول أن الجرح والتعديل, النقد والتعييد, هي مسألة اجتهادية مطلقا, فلا يجوز التفرق بسببها ابدا؟! وهل هذه العبارة ((لاَ يَجُوزُ أَنْ نَجْعَلَ اخْتِلافَنَا فِي غَيْرِنَا سَبَباً لِلخِلافِ بَيْنَنا)) هي عبارة صحيحة؟
جزيت خيرا على إجابتكم وتوجيهكم وزادك الله علما وحلما وأسأل الله أن ينفع لنا بها والمسلمين وأن يرفع كل الفتن ويوحد شمل السلفيين
محبكم في الله : أبو سلمى الأندونيسي
لا يجوز امتحان الناس إلاّ بالأئمّة الذين لا يختلف عليهم الناس كالإمام أحمد والشافعي ونحوهم ، ومن المعاصرين ابن باز وابن عثيمين والألباني رحمهم الله ، أمّا من سواهم ومن دونهم فلا .
والأمر برمته اجتهادي في الاصل ما دام أن الشخص من أهل السنة وأصوله أصولهم فخلافه في شخص آخر هل هو مبتدع أم لا يختلف من حال لحال فهو مجتهد إن شاء الله .
والعبارة التي ذكرتها صحيحة ..
وفقك الله