APAKAH SUAMI YANG MENOLAK AJAKAN ISTERI UNTUK JIMA’ JUGA DILAKNAT?

 Dec, 18 - 2015   no comments   FatawaIbadah & MuamalatTanya Jawab

Ada sebuah pertanyaan masuk, menanyakan apabila Wanita menolak ajakan suami utk jima, maka wanita tsb dilaknat oleh malaikat dari petang sampai pagi hari. Lantas, bagaimana dengan suami yang menolaknya? Apakah dia juga dilaknat? Terima kasih.

📝 JAWAB :
Ini pertanyaan yang menarik. Dan alhamdulillah, situs islamweb.net telah memberikan jawabannya. Lihat : http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=143029

REDAKSI ARAB 🇸🇦

سؤالي كالتالي: هل على الرجل لعنة إذا نادته زوجته إلى الفراش ولم يستجب لها؟.

وجزاكم الله خيراً.

الإجابــة

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فإن الواجب على الزوج إعفاف زوجته وإجابتها للفراش إذا احتاجت إليه، ولا يجوز له ترك ذلك إلا لمانع، أو عذر شرعي، واختلف في قدر الواجب، كما سبق في الفتوى رقم: 8935.

والمرجح أنه بقدر حاجتها وقدرته، فإذا لم يفعل ذلك فهو آثم، أما أنه ملعون إن لم يجب زوجته إذا دعته لحاجتها فهذا ما لا نعلمه ولم نقف على قائل به.

والله أعلم.

TERJEMAH 🇲🇨

PERTANYAAN :
Apakah seorang pria juga mendapatkan laknat apabila isterinya mengajaknya ke ranjang namun suaminya tidak menjawab ajakannya? Jazakumullâhu khayran.
❕JAWAB :
Ba’da tahmid dan sholawat
Sesungguhnya wajib bagi suami itu menjaga kehormatan isterinya dan memenuhi ajakannya ke ranjang apabila isterinya membutuhkannya. Tidak boleh suami tsb meninggalkan hal ini kecuali apabila ada halangan atau udzur yg syar’i. Kadar kewajibannya bervariasi sebagaimana dijelaskan dalam fatwa sebelumnya no 8935.
Lbh tepat adalah ia berupaya memenuhinya sebatas hajat/keinginan isterinya dan kemampuannya. Apabila ia tidak mau melakukan hal ini maka ia telah berdosa.
Adapun ia dianggap terlaknat jika tidak memenuhi ajakan isterinya ketika isterinya memanggilnya utk memenuhi kebutuhannya, maka KAMI TIDAK MENGETAHUI DAN BELUM KAMI DAPATI ADA (ULAMA) YANG BERPENDAPAT SEPERTI INI.
Wallâhu a’lam.

✏️___@abinyasalma
#⃣ Channel Telegram al-Wasathiyah wal I’tidâl

Posted from WordPress for Android


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: