NASEHAT AL-‘ALLÂMAH ‘ABDULLÂH AL-MUTHLAQ
KEPADA KAUM YANG MEMPERSEMPIT MAKNA SALAFIYAH
Al-‘Allâmah ‘Abdullâh al-Muthlaq, anggota Hai`ah Kibâr al-Ulamâ` (Lembaga Ulama Besar) Kerajaan Arab Saudi, berkata di dalam ceramah beliau yang berjudul al-Fitan : Asbâbuhâ wa ‘Ilâjuhâ (Sya’ban 1424 H) :
“Wahai (saudara-saudara) yang saya sayangi. Mereka inilah kaum yang mempersempit makna salafiyah, yang senantiasa mendahulukan prasangka, tidak mau menerima taubat orang, tidak mau berdiskusi dengan orang lain dan tidak menyebarkan kebaikan. Mereka ini (pada hakikatnya) lebih banyak mencederai (memberikan madharat) kepada salafiyah ketimbang memperbaikinya.
Sesungguhnya jika Anda memperhatikan kepada para ulama di Saudi, betapa banyaknya mereka? Namun mereka menghendaki hanya tiga atau empat ulama saja (yang dianggap salafiyah). Sisanya? Hah? (Mereka anggap) Bukanlah golongan salaf?!! Ini adalah musibah yang besar wahai saudara-saudara sekalian…
Sesungguhnya, jika Anda mengamati para ulama di negeri Islam saat ini. Anda dapati bahwa para ulama ini menurut mereka adalah kaum yang menyimpang…
Sesungguhnya, jika Anda melihat kepada para ulama umat yang telah berkhidmat untuk agama, seperti Ibnu Hajar, an-Nawawî, Ibnu Qudâmah penulis kitab al-Mughnî dan buku-buku lainnya yang bermanfaat, Ibnu ‘Aqîl dan Ibnul Jauzî. Anda dapati bahwa para ulama ini menurut mereka, adalah para penyusun karya tulis yang mereka keluarkan dari salafiyah. Pasalnya mereka dapati di dalam buku-buku mereka ini hal-hal yang keliru…
Merekalah yang mempersempit makna salafiyah dan sejatinya yang memperburuk keadaan umat, wahai saudaraku sekalian…
Oleh karena itu, perhatikanlah Samâhatu asy-Syaikh ‘Abdul ‘Azîz bin Bâz rahimahullâhu, Syaikh Muhammad (Shâlih) al-Utsaimîn dan Mufti (Kerajaan) saat ini (yaitu Syaikh ‘Abdul ‘Azîz Âlu Syaikh). Bagaimanakah cara mereka berinteraksi dengan orang lain! Bagaimana baiknya akhlak mereka? Bagaimana mereka menghadapi para penuntut ilmu dan memuliakan para ulama!
Namun, adakah manhaj ini ada pada mereka?! Tidak! Mereka tidak akan rela kecuali hanya kepada sejumlah kecil para penuntut ilmu yang dapat dihitung jumlahnya (dengan jari). Mereka senantiasa menyibukkan diri di majelis-majelisnya memakan daging para ulama (baca : mencela dan mencerca kehormatan ulama).
Acap kali, mereka membawa ucapan para ulama kepada yang bukan konteksnya, dan acapkali mereka melakukan kedustaan kepada mereka. Tidak ada di dalam kamus mereka kata taubat, dan mereka tidak mau menerima taubatnya seseorang (yang menurut mereka telah menyimpang). Mereka telah mempersempit agama ini, dan mereka merasa senang dengan keluarnya manusia dari salafiyah. Mereka tidak senang menerima udzur (alasan) orang lain dan memasukkan mereka ke dalam ahlus sunnah.
Lihatlah musibah ini wahai saudaraku! Sekiranya umat ini diuji dengannya, bisa jadi salafiyah itu hanya terbatas pada lokasi tertentu di Jazirah ini. Lihatlah wahai saudaraku, kepada kelembutan perangai syaikh ‘Abdul ‘Azîz bin Bâz dan Syaikh Muhammad bin ‘Utsaimîn, bagaimana mereka berdua memberikan fatwa kepada para pemuda negeri Islam di kala mereka tengah berselisih pendapat, baik di Eropa, Amerika, Afrika, Jepang, Indonesia dan Australia. Siapakah yang mereka ridhai untuk memberikan hukum? Siapa yang mereka ridhai? Anda dapati bahwa mereka menerima (keputusan) syaikh ‘Abdul ‘Azîz bin Bâz dan Syaikh Muhammad bin ‘Utsaimîn, serta (ulama) Fulan dan Fulan.
Namun, adakah mereka meridhai masyaikh mereka? Hah? Tidak, demi Alloh mereka tidak meridhainya. Mereka tidak mau menerimanya. Sesungguhnya cara yang ditempuh oleh orang-orang ini –semoga Alloh memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada mereka- adalah mempersempit makna salafiyah dan menyebabkan manusia lari menjauh darinya. Mereka jadikan salafiyah dalam pengertian yang sempit lagi terbatas (hanya bagi mereka saja), dan perbuatan mereka didominasi dengan tidakan pengkafiran (takfîr) manusia, tafsîq (menuduh fasik), mengoleksi kesalahan orang lain, serta merusak citra dan mencela kehormatan orang lain…
يا أحبابي هؤلاء الذين يضيّقون نمعنى السلفية والذين يأخذون بالظِنّة والذين لا يقبلون التوبة والذين لا يناقشون الناس ولا ينشرون الخير هؤلاء يضرّون السلفية أكثر مما يـحسنون إليها ،
ـإنك لو نظرت إلى علماء من أهل السعودية كم هم ؟ يريدون فقط ثلاثة أو أربعة علماء ، والباقين؟ هاه ؟ ليسوا من السلف ؟!! ذي مصيبة عظيمة يا إخوان ،
ـ إنك إذا نظرت إلى علماءالعالم الإسلامي الآن تجد أنهم عندهم في قوائم المنـحرفين .
ـ إنك إذا نظرت إلى علماء الأمّة الذين خدموا الدين ، أمثال ابن حجر والنووي وابن قدامة صاحب المغني والكتب النافعة وابن عقيل وابن الجوزي وجدت أنهم عندهم مصنفون تصنيفات يخرجونهم بها من السلفية لأنه وجد عليهم بعض الملاحظات ، هؤلاء الذين يضيّقون معنى السلفية يسيئون للأمة إخوتي في الله ، ولذلك انظروا إلى سماحة الشيخ عبد العزيز ابن باز رحمه الله وإلى الشيخ محمد العثيمين رحمه الله وإلى سماحة المفتي الآن الموجود ، كيف يتعاملون مع الناس ، كيف يـحسنون أخلاقهم ، كيف يستقبلون طلبة العلم ، كيف يـجلّون العلماء.
لكن هل هذا المنهج موجود عند هؤلاء ؟ لا .هؤلاء ليسوا راضين إلاّ عن أعدادٍ قليلة معدودة على الأيدي من طلبة العلم ، الذين يشتغلون في مجالسهم بأكل لحوم العلماء ،وأحياناً يـحمّلون كلامهم ما لا يتـحمل بل وأحيانا يكذبون عليهم ، ليس في قاموسهم توبة ولا يقبلون لأحد أوبة ،
يضيّقون هذا الدين ، يفرحون بخروج الناس منه ولايفرحون بقبول أعذار الناس وإدخالهم فيه ،
ترى هذي مصيبة يا إخواني لو ابتليت به االأمة يمكن أن تكون السلفية في مكان محدود من هذه الجزيرة ، انظروا إخوتي في الله إلى دماثة خلق الشيخ عبد العزيز بن باز والشيخ محمد بن عثيمين كيف كانوا مفتين لجميع شباب العالم الإسلامي إن اختلفوا في أوروبا في أمريكا في أفريقيا في اليابان في أندونيسيا في استراليا ، من يرضون حكماً ؟ من يرضون ؟ تجدهم يقبلون عبدالعزيز بن باز ومحمد بن عثيمين وفلان وفلان ، لكن هل يرضون مشايخ هؤلاء ؟ هاه ؟ لاوالله ما يرضونهم ، وهؤلاء لا يقبلونهم ، إن ما ينتهجه هؤلاء وفقهم الله وهداهم يضيّق معنى السلفية وينفر الناس منها ، ويـجعل السلفية معنىً ضيّقا محدوداً أغلب عمله تكفير الناس وتفسيقهم وجمع أخطائهم وتشويه سمعتهم والقدح في أعراضهم ) .
د . عبد الله المطلق
عضو هيئة كبار العلماء بالمملكة العربية السعودية
المحاضرة بتاريخ : الأربعاء 19 شعبان 1424هـ و عنوان : الفتن – أسبابها وعلاجها
المرجع http://www.liveislam.com/archi/1424/shaban.htm
Assalamu ‘alaykum
Ya akhi.. kepada siapakah nasihat Al-‘Allamah ‘Abdullah al-Muthlaq ini ditujukan ?
Jazakallohu khairon untuk penjelasannya ya akhi..