SEKOLAH TINGGI ILMU SYARI’AH IMAM SYAFI’I

 Jun, 13 - 2007   no comments   Informasi

bannerstis.jpg

 SEKOLAH TINGGI ILMU SYARI’AH IMAM SYAFI’I

 

 

كليَّة الإمام الشافعي للعلوم الشرعية


 

Membekali Da’i Dengan Ilmu dan Akhlak Mulia

Kampus: Jember Jawa Timur Indonesia

 

Penyelenggara: Lembaga Dakwah Islam Ar-Raudloh
Kantor perwakilan Jember: Jl. MH Thamrin Gang Kepodang No. 5 Jember
Website: www.muslim.or.id
E-mail: stisimamsyafii@yahoo.com

Latar Belakang

Pemahaman yang mendalam tentang ilmu agama sangatlah dibutuhkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diinginkan menjadi baik oleh Allah maka Allah akan pahamkan dia dalam urusan agama.” (HR. Bukhari dan Muslim). Terlebih lagi pada masa sekarang ini. Ketika kebodohan dan kemungkaran merajalela dimana-mana maka tidak ada jalan lain untuk menanggulanginya kecuali dengan ilmu serta amar ma’ruf dan nahi mungkar.

Meskipun pada saat ini sudah begitu banyak pihak yang terjun untuk memecahkan problematika umat ternyata beragam pemikiran dan metode dakwah yang ada –kecuali yang dirahmati Allah- justru semakin mengacaukan arah perjuangan kaum muslimin. Satu sama lain saling menjatuhkan, centang perenang tidak karuan. Oleh sebab itulah kebutuhan akan sosok para da’i penyeru kebaikan yang berbekal ilmu yang benar dan akhlak yang luhur adalah sebuah keniscayaan. Imam Malik berkata, “Tidak akan baik generasi akhir umat ini kecuali dengan sesuatu yang telah berhasil memperbaiki generasi awalnya.” Rasulullah diperintahkan oleh Allah untuk menyerukan, “Inilah jalanku: Aku bersama orang-orang yang mengikutiku berdakwah kepada Allah di atas landasan ilmu…” (QS. Yusuf: 108)

Disamping itu, dakwah juga sangat memerlukan keluhuran akhlak. Sampai-sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya kelemahlembutan tidaklah ada pada sesuatu melainkan dia akan menjadikannya indah, dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu melainkan hal itu pasti akan menghancurkannya.” (HR. Muslim dan Muslim)

Landasan Pemikiran

Landasan pemikiran pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Imam Syafi’i ini adalah firman Allah ta’ala dan Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai berikut:

  1. Firman Allah ‘azza wa jalla yang artinya: “Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.” (QS. At-Taubah: 122)
  2. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Barangsiapa yang diinginkan menjadi baik oleh Allah maka Allah akan pahamkan dia dalam urusan agama.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tujuan

Maksud dan tujuan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Imam Syafi’i ini adalah sebagai pusat kegiatan Pendidikan Tinggi dan Da’wah Islam, pengembangan dan kaderisasi Sumber Daya Manusia yang beraqidah benar, berakhlak mulia dan memiliki pemahaman yang lurus menuju tertib hidup beragama di bawah naungan dan rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala.

Program yang Ditawarkan

Program yang ditawarkan adalah: Program Studi S1 Ushuludin

Masa Studi

Masa Studi Program Studi S-1 Ushuludin: 4 tahun (8 Semester)

Staf Pengajar

Dosen STIS

Kurikulum S-1 Ushuludin

Kurikulum yang dipakai merujuk kepada kurikulum yang dipakai Universitas Islam Madinah dengan beberapa penyesuaian. Mata kuliah: Hafalan Qur’an, Tafsir, Ilmu Hadits, Aqidah, Tarikh, Dakwah, Tarbiyah, Fiqih, Ushul Fiqih, Qadha’, Siyasah Syar’iyah, Nahwu, Sharaf, Mushthalah Hadits, Adyan, Firaq, dll.

Kurikulum Pendidikan

Program Studi S-1 Ushuludin STIS Imam As Syafi’i

Mata Kuliah STIS

Kegiatan Belajar

Kegiatan difokuskan pada kegiatan belajar mengajar berupa 30 tatap muka/pekan, tahfizh al-Quran, menghafal matan, ujian tengah dan akhir semester, tugas akhir, dll.

Fasilitas Pendidikan

Gedung Kuliah, Asrama Mahasiswa, Masjid, Perpustakaan, Ruang Makan.

Biaya Kuliah

Uang Gedung: Rp. 1,5 juta,- (diangsur 2 kali pada tahun pertama)
SPP, uang makan dan asrama: Rp. 350.000,-/bulan

Kualifikasi Calon Mahasiswa

Lulus tes tulis dan lisan, memiliki kemampuan bahasa arab aktif, memiliki akhlak yang baik, memiliki Ijazah yang setara SMA atau Aliyah.

Kualifikasi Lulusan

Lulusan diharapkan menguasai kaidah-kaidah beristinbath dari dalil-dalil syar’i, menguasai kaidah-kaidah dakwah, siap berdakwah di tengah masyarakat, siap menjadi pengajar ponpes dan sekolah-sekolah Islam dan memiliki keterampilan menulis karya tulis Islam ilmiah

Pendaftaran, Seleksi, Pengumuman dan Daftar Ulang

Pendaftaran STIS

Formulir Pendaftaran

Formulir bisa didownload di website www.muslim.or.id (klik link ini untuk mendownload formulir pendaftaran) atau mengambil langsung di:

  1. Kampus STIS Imam Syafi’i: Jl. MH Thamrin Gang Kepodang No. 5 Jember
  2. Kantor Ma’had Imam Bukhori Jl. Solo Purwodadi KM. 8 Selokaton Gondangrejo Karanganyar Surakarta. Telepon 0271 761 017
  3. Kantor Ma’had Jamilurrahman As Salafy Sawo, Wirokerten, Bantul Yogyakarta. Telepon 0812 274 5704

Persyaratan (diserahkan ketika mengembalikan formulir):

  1. Laki-laki muslim.
  2. Persetujuan tertulis dari orang tua/wali untuk bersedia tinggal di asrama selama masa studi.
  3. Tazkiyah/rekomendasi dari 2 tokoh agama/ustadz yang dikenal.
  4. Formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap.
  5. Membayar uang pendaftaran Rp. 100.000,- (bagi yang membayar melalui Bank dapat menyertakan bukti transfer atau bukti setoran pembayaran).
  6. Foto kopi Akte Kelahiran (2 Lembar).
  7. Pas poto terbaru hitam putih ukuran:
    3 x 4 (4 lembar)
    2 x 3 (2 lembar)
  8. Foto kopi Ijazah terakhir (SMA atau yang sederajat) (2 lembar).
  9. Transkrip nilai terakhir (SMA atau yang sederajat) (2 lembar).

Berkas bisa langsung diserahkan di tempat pendaftaran dan diterima paling lambat tanggal 1 Juli 2007 (untuk gelombang I) dan 1 Agustus 2007 (untuk gelombang II) dengan dibungkus amplop besar berwarna coklat yang dialamatkan kepada Panitia Pendaftaran STIS Imam Syafi’i.

Tempat Seleksi

Kampus STIS Imam Syafi’i: Jl. MH Thamrin Gang Kepodang No. 5 Jember (Dari Surabaya -> Terminal Bis Tawang Alun -> Naik Line G turun di terminal Pakem, dari terminal jalan sekitar 300 m)

Materi Seleksi

Tes Lisan:
Wawancara bahasa Arab, hafalan al-Quran, pengetahuan agama, wawasan keislaman, baca kitab.

Tes Tulis:
Aqidah, Tafsir, Fiqih, Hadits, dan Nahwu.

Berkas Daftar Ulang

Diserahkan ketika sudah dinyatakan diterima/lulus seleksi.

  1. Surat keterangan kesehatan dari dokter setempat atau PUSKESMAS.
  2. Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 2 lembar.

Bank

Rekening Lembaga Dakwah Islam Ar-Roudloh
Bank BCA Atas nama Muh Nurhuda, No Rekening: 1691796456

Pusat Informasi

Kampus STIS Imam Syafi’i Jember Jln MH Thamrin Gang Kepodang No. 5 Jember
Website: www.muslim.or.id
E-mail: stisimamsyafii@yahoo.com.
Telepon: 0815 918 5729 (Boris Tanesia)


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: