PERINGATAN DARI FITNAH EKSTREM DI DALAM MENGISOLIR DAN MENVONIS BID’AH

 May, 08 - 2007   Tahdzir

التحذير

من فتنة الغلو في الهجر والتبدبع

 

PERINGATAN

DARI FITNAH EKSTREM DI DALAM MENGISOLIR DAN MENVONIS BID’AH

Kumpulan Perkataan dan Fatawa Para Ulama Ahlus Sunnah

 

Kata orang, Salafiyun atau Salafiyyah itu adalah kaum yang keras, jumud, kaku dan mudah menvonis. Kata orang, Salafiy itu tidak mau mengucapkan salam atau menjawab salam, tidak mau berkumpul dengan saudaranya sesama muslim dan menganggap semua kaum muslimin selain kelompoknya adalah ahli bid’ah yang sesat dan menyesatkan. Kata orang, Salafiy itu mudah membid’ah-bid’ahkan orang lain dan terlalu fanatik dengan ustadz dan kelompoknya… kata orang dan kata orang…

Demikianlah mayoritas kebanyakan apa yang dikatakan oleh kaum muslimin, mereka memahami dakwah salafiyah tidak sebagaimana mestinya. Hal ini semua hanya karena ulah sebagian oknum yang berpakaian salafiyah dan mengaku-ngaku sebagai salafiy ’the one and only’ dan selainnya adalah bukan salafiy. Sebagian oknum ini lantas dibakar oleh semangat jahiliyah menerapkan hajr dan tabdi’ secara serampangan. Mereka bersikap bengis dan kasar kepada kaum muslimin, perkataannya keji dan suka menghujat, mereka menempatkan syariat hajr dan tabdi’ secara serampangan dan asal-asalan, mereka pun menjadi kaum yang ghuluw di dalam menghajr dan mentabdi’ siapa saja yang tidak sependapat dengan mereka.

Benarkah perilaku seperti ini merupakan bagian dari manhaj salaf? Benarkah para ulama Salafiyyin Ahlus Sunnah mengajarkan yang demikian? Bagi anda kaum muslimin yang telah tersamarkan dan beropini bahwa dakwah salafiyah adalah dakwah sebagaimana yang ditunjukkan oleh sebagian oknum pengaku-ngaku tersebut, ada baiknya anda menelaah risalah yang sederhana ini. Anda bandingkan dan anda lihat penerapan sebagian kaum yang ghuluw (ekstrem) tersebut dengan apa yang dipaparkan oleh para ulama Ahlus Sunnah.

 

Silakan Download

tahdzir-fitnah-ghuluw-hajr.gif


Related articles

%d bloggers like this: