Hajr Ekstrim bagian 4
PENJELASAN TENTANG HAKIKAT SIKAP EKSTRIM
DI DALAM MENGISOLIR DAN MENVONIS BID’AH
Petikan dari ucapan para ulama salafiyin
Bagian IV : Ucapan Para Ulama Tentang Hajr dan Tabdi’ : (Syaikh Shalih as-Suhaimi, Shalih Alu Syaikh, Salim al-Hilali)
اعداد :
أبو سلمى الأثري
Ucapan Fadhilatus SyaikhSholih bin Sa’ad as-Suhaimi
Fadhilatus Syaikh Shalih bin Sa’ad as-Suhaimi hafizhahullahu berkata di dalam pengajian beliau, Syarh Arba’in Nawawiyah tentang masalah tabdi’ dan hajr sebagai berikut :
فلذلك ينبغى لطلاب العلم أن يفهموا هذه القضية ، بعض طلاب العلم ، إذا أخطأ أخوه أو زميله ووقع فى شىء ربما كان متأولاً أو ناسياً أو جاهلاً قال له : أنا سأهجرك .. أنت كرابيسى .. أنت كرابيسى .. لا اسلم عليك .. لماذا تمشى مع فلان ؟ ولماذا تمشى مع علان ؟ ! وقد وجدنا هذا من صغار الطلبة وللأسف .. الذين يهرفون بما لايعرفون ، وهذا خطأ !
”Maka oleh karena itulah sepatutnya bagi para penuntut ilmu untuk memahami permasalahan ini. Sebagian penuntut ilmu, apabila saudaranya atau temannya bersalah dan terjatuh kepada sesuatu yang seringkali disebabkan oleh ta’wil, lupa ataupun tidak tahu, maka dia berkata kepadanya : ”aku akan menghajrmu… kamu karabisi… kamu karabisi… aku tidak akan mengucapkan salam padamu… kenapa kamu jalan dengan Fulan? Kenapa kamu jalan bersama ’Alan?!” Dan kami dapatkan fenomena ini dari para penuntut ilmu pemula, dan sayangnya… mereka ini mentahrif (merubah) dengan apa yang tidak mereka ketahui. Ini adalah suatu kesalahan!
ارجع إلى المشايخ كبار العلماء ، يفتونك فى الهجر من عدمه ، فقد تقتضى المصلحة عدم الأيش ؟ الهجر أحياناً ، وقد تقتضى الهجر فى مسألة أقل أيش ؟ منها إذا كان يؤمل أن تكون سبباً فى هداية المهجور .. فمسألة الهجر ينظر إليها من زاوية وقاعدة المصالح وأيش ؟ المفاسد ! ….
Kembalilah kepada masyaikh ulama senior, mereka menfatwakanmu tentang hajr berupa ketiadaannya, dan terkadang kemaslahatan itu dituntut dengan ketiadaan apa? Ketiadaan hajr kadang-kadang, dan hajr terkadang dituntut di dalam masalah untuk minimalisir apa? Diantaranya (hajr) digunakan untuk memperoleh sebab orang yang dihajr mendapatkan hidayah… maka masalah hajr diperhatikan koridor dan kaidah maslahatnya, dan apa?… dan mafasid (kerusakannya)!!!
ماينظر إليها من رأيك ولامن من رأيى أنا الخاص وعواطفنا .. لا ياعبدالله وكذلك كلام الشيخ هنا ترى مقيد ، اهجره ثم العنه ، كل هذا مقيد بالجمع بين اقاويل السلف وقبل ذلك الجمع بين نصوص الكتاب والسنة !!
Bukannya diperhatikan dengan fikiranmu, fikiranku secara khusus ataupun perasaan kita… tidak wahai hamba Alloh. Demikian pula dengan ucapan seorang syaikh di sini maka perhatikanlah secara muqoyyad (terikat), (ucapan) ”hajrlah dan kutuklah”, maka semuanya ini muqoyyad dengan cara menghimpun antara ucapan-ucapan salaf dan sebelumnya dengan menghimpun antara al-Kitab dengan as-Sunnah!!
أنا اسألكم سؤالاً .. أيهما أعظم جرماً كعب بن مالك ورفقته أم المنافقين ؟ هل هناك مقارنة ؟ .. لا .. المنافقون ماشأنهم كفار أم مسلمون ؟ .. كفار ! ومع هذا داراهم النبى صلى الله عليه وسلم . والمداراة ليست مداهنة ولاموالاة ، لاتعتبر مداهنة ولاموالاة وإنما تأخير مايقتضى التقديم لمصلحة تعود على الإسلام والمسلمين ،
Aku tanya kalian satu pertanyaan… manakah yang lebih besar dosanya, Ka’ab bin Malik beserta (kedua) sahabatnya ataukah kaum munafikin? Apakah ada perbandingannya?… tidak!!! Kaum munafikin, bagaimana keadaan mereka, kafir ataukah muslim??? Mereka kafir!!! Walaupun demikian Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam tetap bermudarah (bersikap ramah) terhadap mereka. Mudarah bukanlah mudahanah (bersikap baik untuk mencari muka/menjilat) dan muwalah (memberikan loyalitas), (sikap nabi ini) tidak dianggap mudahanah ataupun muwalah, dan sesungguhnya hal ini termasuk mengakhirkan apa yang seharusnya didahulukan untuk suatu kemaslahatan yang akan kembali ke Islam dan kaum muslimin.
فالسكوت على المنافقين فى عهد الرسول صلى الله عليه وسلم ليس مداهنة ، ولامجاملة ولاموالاة وإنما بينت لك المرين وهما أولاً اكتفاء شرهم وأذاهم ، وكذلك ثانياً لئلا يقال أن محمداً يقتل أصحابه …
Maka didiamkannya kaum munafik pada zaman Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bukanlah termasuk mudahanah, mujamalah (berbaik-baik) maupun muwalah. Namun aku jelaskan kepada kalian dua hal (faidahnya), yaitu yang pertama adalah untuk membatasi kejahatan dan gangguan mereka (kaum munafik), dan yang kedua yaitu, supaya tidak dikatakan bahwa Muhammad membunuh sahabat-sahabatnya…”[1]
Ucapan Ma’ali asy-Syaikh Sholih bin Abdil Aziz Alu Syaikh
Di dalam kaset Nashihatu lisy Syabaab, Ma’ali asy-Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh hafizhahullahu ditanya dengan pertanyaan berikut :
السائل : الشيخ بارك الله فيك فيه قضية كَثُر حولها الجدل قضية الهجر، فالسؤال: متى يُهجر المبتدع ومن الذي يحكم بالهجر؟
”Syaikh semoga Alloh memberkahimu, ada sebuah perkara yang di dalamnya banyak sekali perdebatan dan perkara itu adalah perkara hajr. Pertanyaannya : kapankah seorang mubtadi’ perlu dihajr dan siapakah yang berhak dihukumi dengan hajr??”
Syaikh hafizhahullahu menjawab :
الشيخ : ينبغي أن يكون السؤال: ومن هو المبتدع أيضا؟ لأنّ من الذي يحكم بالبدعة أولى من الذي يحكم بالهجر. أما حكم الهجر فهو: الهجر مشروع والنبي صلى الله عليه وسلم هجر الثلاثة الذين خلفوا -كما تعلمون- هجرهم شهرا أو أكثر، فدل على مشروعية الهجر؛ يعني لأجل الدين، لأجل الشرع، لأجل المصلحة الشرعية للمهجور.
”Selayaknya pertanyaannya juga harus menanyakan siapakah mubtadi’ itu, karena siapa yang berhak dihukumi bid’ah lebih utama (ditanyakan) ketimbang siapakah yang berhak dihajr. Adapun hukum hajr adalah disyariatkan, dan nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menghajr tiga orang sahabatnya yang tidak turut berperang –sebagaimana telah kalian ketahui- selama sebulan atau lebih, hal ini menunjukkan disyariatkannya hajr, yaitu demi agama dan demi kemashlahatan syar’i orang yang dihajr.”
Syaikh melanjutkan :
فدل على القاعدة التي قعدها أهل العلم والأئمة من المحققين وقررها شيخ الإسلام ابن تيمية في مواضع بأن الهجر تبع للمصلحة الشرعية، فإنما يهجر من ينتفع بالهجر، وأما من لا ينتفع بالهجر فإنه لا يهجر؛ لأن الهجر تعزير إصلاح، فإذا كان التعزير غير نافع فإنه لا يشرع؛ لأنه عليه الصلاة والسلام لم يهجر الجميع.
”Hal ini menunjukkan suatu kaidah yang ditetapkan oleh para ulama dan para imam muhaqqiqin (peneliti) dan disepakati oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di berbagai tempat (dari kitab-kitab beliau), yaitu bahwasanya hajr itu mengikuti mashlahat syar’iyyah. Maka orang-orang yang bermanfaat dihajr maka perlu dihajr dan yang tidak bermanfaat maka tidak perlu dihajr, karena hajr itu dimaksudkan untuk perbaikan, dan jika hajr tidak berfaidah mendatangkan kemashlahatan maka tidaklah disyariatkan, oleh karena itulah nabi tidak menghajr semua orang (seperti kaum munafikin, dll pent.)”
والهجر قد يكون عمل، قد يكون بقلب، قد يكون بترك السلام، بترك رد السلام، قد يكون بترك دعوته أو استجابة دعوته… إلى آخر ذلك، فهذا مقيد بمن ينتفع به.
”Hajr itu terkadang bisa dalam bentuk amalan, bisa juga dengan hati, atau bisa dengan meninggalkan salam atau meninggalkan menjawab salam, bisa dengan tidak mengundang atau memenuhi undangannya dan selainnya… maka hal-hal ini terikat/tergantung pada manfaat orang yang dihajr.”
المسألة الثانية من الذي يحكم بالبدعة؟ البدعة حكم شرعي، والحكم على من قامت به بأنه مبتدع هذا حكم شرعي غليظ؛ لأن الأحكام الشرعية تبع الأشخاص: الكافر، ويليه المبتدع، ويليه الفاسق، وكل واحدة من هذه إنما يكون الحكم بها لأهل العلم؛ لأنه لا تلازم بين الكفر والكافر، فليس كل من قام به كفر فهو كافر، ثنائية غير متلازمة،
”Masalah kedua, tentang siapakah yang berhak dihukumi (sebagai pelaku) bid’ah? (Menvonis) bid’ah adalah hukum syar’i, dan menvonis orang yang mengamalkan bidah sebagai mubtadi’ adalah hukum syar’i yang berat sekali, karena hukum-hukum syar’iyyah yang menyangkut perseorangan/individu seperti kafir, mubtadi’ dan fasiq, maka tiap-tiap hukum ini adalah haknya ahlu ilmi (ulama). Sesungguhnya tidaklah melazimkan/mengharuskan antara kufur dengan kafir, dan tidaklah amalan kufur itu melazimkan pelakunya menjadi kafir, pasangan (tsanaa’iyyah) tidaklah saling melazimkan/mengharuskan satu dengan lainnya.”
وليس كل من قامت به بدعة فهو مبتدع، وليس كل من فعل فسوقا فهو فاسق بنفس الأمر، قد يُقال إنه كافر ظاهرا باعتبار الظاهر، وفاسق ظاهرا، ومبتدع ظاهرا، لكن هذا لا يعني إطلاق الحكم، فالتقييد بالظاهر غير إطلاق الحكم كما هو مقرر في موضعه.
”Tidaklah setiap orang yang mengamalkan bid’ah maka ia adalah mubtadi’ dan tidaklah setiap orang yang melakukan kefasikan maka ia menjadi fasik. Terkadang dikatakan, sesungguhnya dia kafir secara zhahir dipandang dari zhahirnya, dia fasiq secara zhahir, dia mubtadi’ secara zhahir, namun hal ini tidaklah berarti hukum mutlak, taqyid (mengikat) dengan zhahir tidaklah menghukumi secara mutlak sebagaimana telah ditetapkan pembahasannya.”
فالحكم بالبدعة وبأن قائل هذا القول مبتدع وأن هذا القول بدعة ليس لآحاد من عرف السنة، وإنما هو لأهل العلم؛ لأنه لا يحكم بذلك إلا بعد وجود الشرائط وانتفاء الموانع، وهذه مسألة راجعة إلى أهل الفتوى وأنّ اجتماع الشروط وانتفاء الموانع من صنعة المفتي.
”Menghukumi bid’ah dikarenakan seseorang mengucapkan perkataan ini sebagai mubtadi’ atau ucapan itu sebagai bid’ah bukanlah hak bagi setiap orang yang mengetahui sunnah, namun hal ini adalah haknya ahli ilmu. Karena seseorang tidaklah dihukumi sebagai mubtadi’ melainkan setelah terpenuhinya syarat dan dihilangkannya penghalang, dan masalah ini dikembalikan kepada ahlu fatwa, karena memenuhi syarat dan menghilangkan penghalang adalah tugas seorang mufti…”[2]
Ucapan Fadhilatus Syaikh Salim bin Ied al-Hilaly
Syaikhuna Salim bin ’Ied al-Hilaly hafizhahullahu berkata ketika menjawab pertanyaan tentang apakah dhowabith (kriteria) di dalam hajr dan tabdi’ :
ضوابط التبديع أولا أن يكون الأمر الذي نحذر منه بدعة الأمر الثاني أن يكون المبتدع مصرا على بدعته ووقع فيها هوى وقصدا فإن كان صاحب البدعة قد وقع في البدعة هوى وقصدا ونصح وأقيمت عليه الحجة وبين له أن هذه بدعة ولم يرجع إلى الحق فهذا الذي نقول مبتدع وليس كل من وقع في البدعة مبتدع وليس كل من وقع في البدعة وقع حكم البدعة عليه لأن أحيانا البدعة قد تقع من عالم اجهادا فيحكم على الفعل أو القول أنه بدعة ولا يحكم على الفاعل أنه مبتدع يكون له أجر خطأ أجر المجتهدين.
”Kriteria di dalam tabdi’ adalah : pertama, haruslah perkara yang kita mentahdzir (memperingatkan) darinya adalah suatu bid’ah (yang jelas). Yang kedua, mubtadi’ (pelaku bid’ah) itu haruslah tetap keras kepala di dalam melakukan kebid’ahannya dan dia melakukannya karena dilatarbelakangi oleh hawa nafsu dan dengan kesengajaan. Apabila seorang pelaku bid’ah melakukan kebid’ahan karena hawa nafsunya dan dengan sengaja, kemudian dia telah dinasehati dan ditegakkan hujjah atasnya, serta diterangkan padanya bahwa amalannya itu adalah bid’ah dan ia tidak mau kembali kepada kebenaran, maka orang yang begini ini kita katakan sebagai mubtadi’. Namun tidaklah setiap orang yang melakukan bid’ah dia adalah mubtadi’ dan tidaklah setiap orang yang melakukan bid’ah maka vonis bid’ah jatuh kepadanya, karena terkadang suatu bid’ah itu jatuh kepada seorang alim yang berijtihad, maka dihukumi perbuatan dan ucapannya sebagai bid’ah namun pelakunya tidaklah dihukumi sebagai mubtadi’. Dan dia mendapatkan pahala atas kesalahannya sebagaimana pahalanya seorang mujtahid.”
وأنا أضرب مثال كان الشيخ رحمه الله يقول أن القبض بعد الرفع من الركوع بدعة طيب من الذي قال بهذا الشيخ أبن باز رحمة الله عليه هل كان الشيخ الألباني يقول عن الشيخ إبن باز مبتدع أو أنه صاحب بدعة كان يقول له أجر المجتهد المخطئ فليس كل من وقع في البدعة وقعت البدعة عليه أو وقع حكم البدعة عليه لا يكون مبتدعا إلا بشرطين الشرط الأول أن يواطئ البدعة الشرط الثاني أن يصر على البدعة مع العلم بها فإذا أصر على البدعة سمي مبتدعا
”Aku contohkan satu misal di sini, dulu syaikh rahimahullahu (maksudnya adalah Imam al-Albani, pent.) berpendapat bahwa bersedekap ketika bangun dari ruku’ adalah bid’ah. Baik! orang yang berpendapat seperti ini adalah asy-Syaikh Ibnu Baz rahmatullah ’alaihi. Lantas, apakah syaikh al-Albani mengatakan bahwa syaikh Ibnu Baz adalah seorang mubtadi’ atau mengatakan beliau adalah seorang pelaku bid’ah? Beliau mengatakan bahwa Syaikh Ibnu Baz mendapatkan pahala sebagai seorang mujtahid yang tersalah, dan tidaklah setiap orang yang jatuh kepada bid’ah maka kebid’ahan jatuh kepadanya atau hukum/vonis bid’ah jatuh kepadanya. (Seseorang) tidak akan terhukumi sebagai mubtadi’ kecuali dengan dua syarat, syarat pertama adalah harus mensepakati bid’ah (atau kebid’ahannya suatu bid’ah yang jelas, pent.), syarat kedua adalah haruslah pelaku melangsungkan kebid’ahannya dimana ia telah mengetahui akan bid’ahnya. Apabila ia tetap bersikeras melangsungkan kebid’ahannya maka orang ini disebut mubtadi’.[3]”
Syaikh Salim al-Hilali juga ditanya tentang apakah kaidah hajr itu, beliau menjawab :
الهجر مبني على المصالح والمفاسد كما حققه كثير من العلماء وعلى رأسهم شيخ الإسلام إبن تيمية مناط الهجر يا إخوة هو المصلحة والمفسدة هذا هو مناط الهجر المفسدة والمصلحة
”Hajr itu dibangun di atas (pertimbangan) mashlahat dan mafsadat (kerusakan)-nya sebagaimana telah ditetapkan oleh mayoritas para ulama, dan yang paling utama di antara mereka adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Poros/pusatnya hajr wahai saudara sekalian adalah mashlahat mafsadat, dan inilah dia yang merupakan porosnya hajr yaitu mafsadat dan mashlahatnya…[4]”
Sebenarnya masih banyak lagi ucapan masyaikh Ahlus Sunnah Salafiyin tentang masalah ini. Namun apa yang tersebut di atas sudah cukup untuk merepresentasikan sikap dan pendapat para ulama Ahlus Sunnah di dalam masalah hajr dan tabdi’ ini.
Faidah Penting
Faidah yang dapat dipetik dari nasehat masyaikh di atas dan kaidah utama ahlus sunnah dalam perkara ini adalah :
1. Menvonis orang lain dengan mubtadi’, fasik dan kafir merupakan hak Allah dan Rasul-Nya. Oleh karena itu di dalam tabdi’ haruslah berpedoman pada firman Alloh dan sabda Rasul-Nya, kemudian kepada para ulama Robbani sebagai pewaris nabi.
2. Hajr (boikot/isolir) terkait erat dengan mashlahat yang terkandung di dalamnya. Jika tidak bermashlahat dan madharatnya lebih besar maka tidak diterapkan. Jika mashlahat-nya lebih besar maka diterapkan sesuai dengan keadaan dan kondisinya.
3. Tidaklah setiap orang yang jatuh kepada amalan bid’ah secara otomatis orang tersebut menjadi mubtadi’.
4. Tabdi’ dan hajr adalah wewenang ahlul ilmi setelah terpenuhinya syarat dan hilangnya penghalang.
5. Tidak ada hajr dan tabdi’ terhadap perselisihan sesama ahlus sunnah di dalam perkara ijtihadiyah. Yang ada hanyalah nasehat dan pengingkaran yang baik, ilmiah dan beradab.
6. Ulama telah berijma’ (konsensus) bahwa mubtadi’ itu perlu dihajr. Namun ini tidak mutlak dan perlu dilihat mashlahat dan madharatnya, situasi dan kondisi Penghajr, yang dihajr dan jenis pelanggaran kebid’ahannya.
7. Hajr dan Tabdi’ adalah syariat Islam yang mulia. Tidaklah layak digunakan sebagai ambisi pribadi untuk urusan duniawi atau atas dasar hasad, dengki dan iri hati, atau karena tujuan-tujuan yang hina dina.
8. Tidaklah mengapa menyandarkan suatu ucapan atau perkataan dengan bid’ah apabila memang benar bid’ah, namun tidak otomatis menvonis pelakunya sebagai mubtadi’. Karena hukum terhadap fi’il (perbuatan) tidak mengharuskan hukum terhadap fa’il (pelaku) pula.
9. Nasehat dan diskusi yang baik adalah lebih didahulukan daripada tahdzir, hajr apalagi tabdi’. Terutama kepada sesama ahlus sunnah.
10. Tidak selayaknya di antara du’at terjadi hajr apalagi tabdi’ hanya karena permasalahan perbedaan ushlub dakwah yang tidak menyebabkan keluar dari lingkaran Ahlus Sunnah.
11. Menghajr suatu kebid’ahan atau pelaku bid’ah dapat dilakukan dengan perbuatan, ucapan ataupun dengan hati, menurut kadar kemampuan dan melihat situasi dan kondisi serta mashlahat dan madharatnya.
Dan masih banyak lagi faidah yang dapat dipetik dari ucapan para ulama dan masyaikh di atas, namun yang sedikit ini semoga telah mencukupi.
——————————————————————————–
[1] Pengajian Syarh Arba’in an-Nawawiyah oleh Fadhilatus Syaikh Shalih bin Sa’ad as-Suhaimi; dinukil dari Muntadiyat al-Barq as-Salafiyah.
[2] lihat : Masa`il fil Hajri wa maa yata’allaqu bihi : Majmu’atu min ba’dli asyrithoti asy-Syaikh Shalih bin Abdil Aziz Ali Syaikh, I’dad : Salim al-Jaza`iri, download dari http://www.sahab.org
[3] Dinukil dari Tanya Jawab di dalam www.islam-future.net (website resmi Syaikh Salim bin Ied al-Hilali).
[4] Ibid.
(Bersambung Bagian 5)
-***-***-***-