BERWUDHU SAAT HAIDH SEBELUM TIDUR

 Sep, 19 - 2016   no comments   Ibadah & MuamalatMuslimahTanya Jawab

PERTANYAAN :

Assalamualaikum ust ….saya mo nanyak ttg berwudhu…kl mo tidur apa benar menurut tuntunan Sunnah dianjurkan berwudhu ….kl lg haid bolehkah berwudhu seblm tidur ??? Mhn pencerahannya …

JAWABAN :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1⃣ Berwudhu sebelum tidur adalah sunnah dan amalan mustahab (yang disukai). Ada beberapa hadits yg menunjukkan dianjurkan hal ini, diantaranya :
من بات طاهرًا بات في شعاره ملك، فلا يستيقظ إلا قال الملك: اللهم اغفر لعبدك فلان، فإنه بات طاهرًا.
Barangsiapa yang bermalam (tidur) dalam keadaan suci (berwudhu), maka dia tidur di dalam syiar nya para malaikat. Lalu tidaklah ia terbangun melainkan malaikat mendoakannya : Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si Fulan ini, karena ia tidur dalam keadaan suci (dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib)

2⃣ Wudhu hanya bisa mengangkat hadats kecil, bukan hadats besar. Karena itu tdk bisa menyucikan wanita haidh atau orang yang dalam kondisi janabat. Karena janabat hanya bisa disucikan dengan mandi besar atau tayamum apabila tdk memiliki air.

3⃣ walaupun demikian, dimakruhkan atau dibenci menurut sebagian ulama, orang yang kondisi junub atau terhenti dari haidh nya pada malam hari, tidur dalam kondisi tdk bersuci, termasuk tdk berwudhu. Karena itu, tetap dianjurkan wudhu bagi org yg junub atau terhenti dari haidh/nifas, itu minimal berwudhu sebelum tidur.

4⃣ Wanita haidh yang terbiasa berwudhu sebelum tidur, maka diperbolehkan baginya melakukannya utk melanggengkan sunnah. Tapi tdk boleh diyakini bahwa Wudhu nya mengangkat status hadatsnya.

5⃣ Wanita yang tdk terbiasa Wudhu sblm tidur, lalu membiasakan wudhu saat haidh, maka ketahuilah bahwa Wudhu nya tidak bisa merubah status hadatsnya, karena itu jika ia meyakininya secara keliru bahwa wudhu bisa mengangkat hadats besarnya, maka ini tidak benar dan dikhawatirkan bisa jatuh kepada hal yang mengada².

Wallahu a’lam.


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

%d bloggers like this: