APAKAH BENAR RASULULLAH PERNAH SHALAT DI KUBURAN?

❓PERTANYAAN :
Assalammu’alaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh,  ustadz saya pernah dengar dari ceramah ttg Nabi sholat janazah di kuburan, itu dlm hal mayat sudah dikubur atau menjelang di kubur  ? mohon penjelasan,  jazakumulloh khoiron katsiron

✔ JAWABAN :
Wa’alaikumus Salam warohmatullahi wabarokatuh

Iya benar, ada bbrp riwayat dari Nabi, bahkan  juga atsar dari sahabat bahwa beliau  pernah sholat jenazah di pekuburan.

Diantaranya :
ما رواه البخاري (458) ومسلم (956) أن الرسول صلى الله عليه وسلم صلى على امرأة في قبرها ، كانت تنظف المسجد ، وكان الصحابة قد دفنوها من غير أن يخبروا الرسول صلى الله عليه وسلم بموتها 

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mensholati seorang wanita di kuburannya, dan wanita tsb biasa yg membersihkan masjid. Para sahabat menguburkan wanita tsb tanpa menginformasikan kpd Nabi shallallahu alaihi wa sallam atas wafatnya.

👆🏻 Dalil di atas menunjukkan sholat jenazahnya Nabi adalah setelah wanita tukang bersih masjid tsb dikuburkan.

Demikian pula ada riwayat dari Bukhari sbb 👇🏻
وعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما : ( أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِقَبْرٍ قَدْ دُفِنَ لَيْلا ، فَقَالَ : مَتَى دُفِنَ هَذَا ؟ قَالُوا : الْبَارِحَةَ . قَالَ : أَفَلا آذَنْتُمُونِي !؟ قَالُوا : دَفَنَّاهُ فِي ظُلْمَةِ اللَّيْلِ فَكَرِهْنَا أَنْ نُوقِظَكَ . فَقَامَ فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ ، قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَأَنَا فِيهِمْ فَصَلَّى عَلَيْهِ ) رواه البخاري (1321) .

Dari Ibnu Abbas Radhiyallâhu anhumâ bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melewati pekuburan seorang yang telah dikuburkan malam harinya.
▫Lalu Nabi bertanya : kapan org ini dikuburkan?
▪Sahabat menjawab : semalam
▫Nabi bertanya kembali : kenapa kalian tdk minta izin kepadaku?
▪Mereka menjawab : kami menguburkannya di tengah malam buta  dan kami tdk ingin mengganggu anda.
Lantas Nabi berdiri dan kami pun berbaris di belakang beliau, lalu beliau  pun mensholati nya.
(HR Bukhari)

Selain itu juga terdapat atsar shahih dari para sahabat yang melakukan shalat jenazah di kuburan
Seperti yang diriwayatkan oleh  Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushonnaf (III / 239) yang memberitakan ttg :
➖ Aisyah Radhiyallâhu anha yang sholat jenazah di makam saudara beliau, Abdurrahman bin Abu Bakr
➖ Ibnu Umar yang mensholati saudaranya, ‘Âshim
➖ Anas, Ali, Ibnu Masûd, dll.

👉🏻 Kesimpulan : bahwa memang ada anjuran utk mensholati mayit yang terlewatkan dari sholat jenazah atasnya, walaupun dikerjakan di kuburannya.
Namun hendaknya hal ini tdk disenantiasakan, dibiasakan dan dilakukan terus menerus.

⚠ PENTING : bahwa ada dalil² lain yang menunjukkan larangan sholat di pekuburan, seperti hadits :

لا تصلوا إلى القبور ولا تجلسوا عليها
▶ “Jangan shalat menghadap kuburan dan jangan duduk di atas kuburan.” (HR. Muslim)
Atau hadits :

الأرض كلّها مسجد إلاّ المقبرة والحمّام
▶ “Semua bagian bumi bisa dijadikan tempat shalat, kecuali kuburan dan kamar mandi. (HR. Ahmad, dishahihkan oleh Al-Albânî dalam Irwâ’ul Ghalîl)

👆🏻Dalil di atas dipegang oleh sebagian ulama yang melarang secara mutlak sholat di kuburan.

Namun menurut pendapat yang kuat adalah, perlu dilakukan jama’ (kompromi)

▫Karena dalam kaidah dikatakan
الجمع أولى من الترجيح
Mengkompromikan dalil lbh utama daripada menguatkan salah satunya (tarjîh)
Karena, menguatkan salah satunya (tarjîh) berkonsekuensi menggugurkan hukum² yang terkandung pada dalil yang dilemahkan (marjûh), padahal dalil tsb secara sanad valid dan shahih…
Karena itu para ulama menjama’nya bahwa :

✔DILARANG SHALAT DI KUBURAN KECUALI SHALAT JENAZAH
dan pelaksanaan shalat jenazah di kuburan adl sebagaimana yg telah diterangkan yaitu apabila memang insidentil (tdk diniatkan) dan tertinggal sholat jenazah darinya. Kmd juga tdk dirutinkan dan disenantiasakan.

Wallâhu a’lam

✏ @abinyasalma
🌾 GRUP AL-WASATHIYAH WAL I’TIDÂL


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

%d bloggers like this: