APAKAH SYAIKH MUHAMMAD BIN ABDIL WAHHÂB PENYEBAB PERGOLAKAN DAN TERORISME MODERN

 Sep, 11 - 2015   no comments   BantahanPembelaanSorotan

Sejumlah orang-orang yang sok tahu mengklaim bahwa buku² Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhâb rahimahullâhu beserta murid-murid beliau adalah penyebab terjadinya revolusi dan terorisme kontemporer. Hal ini adalah kesalahan yang fatal dari beberapa segi :

1⃣ Bahwa secara umum, kandungan isi buku  Muhammad bin Abdil Wahhâb adalah pembahasan tentang tauhid dan lawannya, yaitu syirik. Sedangkan pembahasan berkenaan dg hal ini sangatlah jarang didapati pada harokah² Islamiyah kontemporer.

2⃣ Bahwa buku² tersebut berisi pembahasan yang hanya ditelaah oleh pada ulama dan sebagian kecil para penuntut ilmu.

3⃣ Bahwa karya beliau meletakkan prinsip ketaatan kepada penguasa, memerintahkan utk bersatu di atasnya dan memperingatkan dari memberontak kpd mereka, yang mana hal ini bertolak belakang dengan harokah² Islamiyah kontemporer.

4⃣ Bahwa karya² beliau ini tidaklah mengobati penyakit yang melanda kaum muslimin dengan metoda politik (siyasi) yang revolusioner. Berbeda dengan tulisan para pembesar harokah² Islamiyah seperti Sayyid Quthb, yang realitanya mendorong para pembacanya dan mengobarkan semangat mereka  untuk memberontak dan melakukan revolusi. Sampai² ada salah seorang dari mereka mengatakan, “Jika kamu membaca ‘Fî Zhilâlil Qur’ân’ seakan² bumi bergerak dari bawahku, lantaran begitu bersemangatnya.”

5⃣ Bahwa buku² Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhâb tidaklah memusatkan untuk menyulut emosi manusia dg berbicara mengenai harta, pembagian dari revolusi dan monopoli dll sebagai bentuk penerapan sunnah nabi.
Adapun buku² orang kontemporer, nyaris tidak ditemukan di dalam buku² mereka melainkan membicarakan ttg penguasa dan kelaliman mereka. Adapun urusan penyimpangan aqidah baik teori maupun prakteknya, yang banyak dilakukan oleh orang² yang dianggap ulama dan mayoritas orang awam, maka ini tdk masuk ke dalam agenda mereka sebagaimana yg diutarakan di dalam ucapan populer mereka.

6⃣ Bahwa buku² Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhâb itu mendidik manusia utk senantiasa bergantung kepada Allâh di dalam setiap urusan hidup.
Adapun buku² orang harokah kontemporer, maka cenderung membesar²kan dunia di hadapan para pengikutnya dan mengajak berlomba² untuk meraihnya serta mendidik mereka dalam rangka mencapai jabatan dengan cara memperkuat keahlian dan memperoleh yang lainnya yg semisal. 

✒ Ditulis oleh Syaikh Abdullâh bin Shâlih al-Ubailân
📝 @abinyasalma

Posted from WordPress for Android


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: