SHALAT MUSAFIR SELAMA TIDAK BERNIAT TINGGAL MENETAP (BAG 2)

 Aug, 17 - 2015   no comments   Adab & Fikih IslamiHaditsIbadah & Muamalat

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

📚فوائد علمية من جلسة ليلة الأحد 24 شوال 1436 الموافق 08/08/2015

الجلسة الأربعون من درس الموطأ للشيخ علي بن سالمين الكثيري أبي سعيد حفظه الله

📚Fawaid Ilmiyah – Malam Ahad 24 Syawal 1436 H bertepatan dengan 08 Agustus 2015
🔺Pertemuan 40 dari Kajian Al-Muwaththo oleh Syaikh Ali bin Salimin al-Katsiri Abu Sa’id hafizhahullah

💦Al-Muwaththo Imam Malik – HADITS No. 401
〰〰〰〰〰
⚠ 401 – وَحَدَّثَنِي عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ «أَقَامَ بِمَكَّةَ عَشْرَ لَيَالٍ يَقْصُرُ الصَّلَاةَ، إِلَّا أَنْ يُصَلِّيَهَا مَعَ الْإِمَامِ فَيُصَلِّيهَا بِصَلَاتِهِ»
✏Telah menceritakan kepada-ku
🚩(Yahya bin Yahya al-Laitsi, tsiqah/terpercaya, w. 244 H) dari
🚩Malik (Malik bin Anas, w. 179 H) dari
🚩Nafi’ (namanya
نافع مولى ابن عمر المدني ثقة ثبت فقيه
-Nafi’ Maula Ibni Umar – tsiqah/terpercaya tsabtun/kokoh periwayatannya faqiihun/banyak ilmunya – maula Ibnu Umar, kunyahnya Abu Abdillah, beliau adalah pemuka ulama di madinah pada zamannya, meninggal tahun 117 H.),
bahwa
🚩Abdullah bin Umar (radhiallahu’anhu) pernah bermukim di Makkah selama sepuluh malam, dengan mengqashar shalat, kecuali jika beliau shalat bersama imam (mukim), maka ia shalat (sempurna raka’atnya) sama dengan shalatnya imam (sholat dengan menyempurnakan roka’at sama dengan mukim) .”
🔺الأثر : صحيح
:idea:(Derajat) Al-Atsar : Shohih
🔺المصنف يشير إلى هذين الأثرين إذا أنه في الأثر الأول لم يذكر ابن عمر لم يجمع المكث و لو بقي المدة  التي كان في بعض الرواية يقصر فيها و يقصر إلى خمسة عشر يوما لكن تلك الأيام  التي كان يقصر فيها أجمع المكث و في هذه الأيام كان لا يجمع المكث
✏Imam Malik rahimahullah mengisyaratkan pada dua atsar diatas bahwasannya pada atsar yang pertama Ibnu Umar tidak menyebutkan LAM YUJMI’ AL-MUKTSA – Tidak berniat untuk tinggal menetap walaupun terdapat kurun waktu yang disebutkan dalam riwayat yang lainnya beliau mengqashor sholat saat itu dan juga mengqashor sholat selama 15 hari (sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan hadits no. 400) namun selama kurun waktu itu beliau mengqashar sholat dan berkeinginan kuat untuk tinggal menetap sedangkan pada hari-hari di bab ini (yaitu 12 hari) tidak disebutkan tentang keinginan kuat untuk tinggal menetap.

👈و بهذا المصنف يريد أن يفرق بين الباب الأول و الثاني
✏Dan dengan (alasan ini lah) Imam Malik rahimahullah ingin memisahkan antara bab yang pertama dan bab yang kedua.

🔺وليس في حديث بن عُمَرَ الْمُتَقَدِّمِ فِي هَذَا الْبَابِ ذِكْرُ الْمُقَامِ فِي مَكَّةَ أَوْ غَيْرِهَا  وَالْحَدِيثُ الثَّانِي حَدِيثُ نَافِعٍ دَلَّ فِيهِ إِقَامَتُهُ بِمَكَّةَ عَشْرًا يَقْصُرُ الصلاة
✏Dan dalam Atsar Ibnu Umar yang telah lalu (yang pertama) tidak disebutkan Menetap di Mekkah atau selainnya sedangkan hadits yang kedua – hadits dari Nafi’ menunjukkan beliau (Ibnu Umar) menetap 10 hari di Mekkah mengqashor sholat.

🔀Bersambung ke Hadits 402

Semoga Bermanfaat
🚰 Zaki Abu Kayyisa
〰〰〰〰〰〰〰〰
Silahkan Bergabung via WA
📚FAWAID
Al MUWATHTHO
wa Zaidah💦

Akhwat : +971 566921 841
                 +6282122630645
Ikhwan : +971 563000 370


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: