DUA KUNCI KEMENANGAN ISLAM

Allah akan memenangkan agama Islam ini walaupun orang-orang kafir tidak menyukai kejayaan Islam. Hal ini Allah tegaskan dalam tiga ayat

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci. (At Taubah: 33)

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا

Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi. (Al Fath:28)
هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci. (Ash Shaf: 9)

Dalam tiga ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa Dia mengutus RasulNya dengan DUA PERKARA yang dengannya Islam akan dimenangkan walaupun orang-orang kafir benci dan tidak ridho:

Pertama:
بِالْهُدَى

Al Huda. Para mufassirin menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Al Huda adalah ILMU yang bermanfaat yaitu ILMU yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman para shahabat ridhwanullah ‘alaihim ajma’in.

Kedua:
وَدِينِ الْحَقِّ

Din Al Haq. Yang dimaksud adalah AMAL, yaitu mengAMALkan ILMU yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman As-Salafush Sholeh.

Jika kaum Muslimin menginginkan kejayaan maka wujudkan dua perkara ini: ILMU dan AMAL.

Oleh karena itu berdo’alah kepada Allah agar diberikan ILMU dan kekuatan mengAMALkan ILMU. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah engajarkan sebuah do’a yang dibaca setiap pagi:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima.”

(Dari Ceramah singkat Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc di Yufid. Silahkan simak video yang sudah kami upload. Allah yubarik fikum)

Faidah:

1. Allah pasti akan memberikan kejayaan kepada Umat Islam jika umat ini menghiasi hidupnya sebagai muslim dengan ILMU dan AMAL.

2. Sebagaimana rizki yang baik itu harus dicari, maka begitu pula ILMU. Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda:

إنَّمَا الْعِلْمُ بِالتَّعَلُّم
Sesungguhnya Ilmu itu didapat dengan cara mempelajarinya

Dishare oleh Abu Maryam Lulu Aliudin di Grup Dakwah Islamiyah, #Telegram
~Da’wah Al-Hanif~


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: