SURAT SYAIKH ABÛL HASAN AL-MA’RIBÎ KEPADA SYAIKH YAHYÂ AL-HAJÛRÎ

 Feb, 19 - 2014   no comments   IbrahInformasi

Dari Abîl Hasan as-Sulaimânî, kepada saudara al-Mujâhid ash-Shobûr (orang yang sangat sabar) asy-Syaikh Yahyâ al-Hajûrî semoga Allôh menjaganya dan memberikan pertolongan-Nya, serta senantiasa meliputinya dengan kelembutan, ampunan dan perlindungan-Nya.

Assalâmu’alaykum Warahmatullâhi wabarokâtuh.

Telah sampai kepadaku berita yang sangat menyedihkan dan memilukan yang menimpa diri Anda, tentang wafatnya putera Anda ‘Abdurrahman dan saudara-saudaranya para penuntut ilmu di Dammaj. Baik yang wafat bersamanya ataupun yang sebelumnya, kami mengharapkan mereka semua adalah para syuhadâ’ terbaik di sisi Allâh, yang mana mereka telah mempertahankan aqîdah dan prinsip umat  ini, dan mengorbankan jiwa-jiwa mereka yang tak ternilai di jalan Allôh.

Sungguh, mereka telah merasakan bagaimana getirnya dan penderitaan di dalam menghadapi arogansi kaum Hutsî dan Râfidhah beserta bala tentara mereka. Mereka pantang menyerah, tunduk dan membungkuk terhadap ancaman para penindas yang zhâlim. Bahkan mereka mengangkat kepala kejujuran dari para pembela aqidah yang murni ini di setiap tempat, dan tetap berkomitmen dengan ucapan dan perbuatan bahwa barangsiapa yang mengharamkan senjata aqidah maka sungguh ia telah mengharamkan dari kebaikan yang berlimpah.

Sesungguhnya, mereka adalah para pahlawan yang telah menorehkan sejarah besar yang patut dilekatkan kepada kebaikan umat ini di dalam mengalahkan kaum arogan, membela kaum tertindas (mazhlûm) dan berdiri kokoh di dalam menghadapi kaum yang angkuh. Sampai-sampai kaum Hûtsî dengan mengerahkan seluruh kekuatannya tidak mampu menguasai satu desa yang berada di tengah-tengah  seluruh provinsi. Mereka sungguh benar-benar merupakan sumber kebanggaan bagi sunnah dan ahli sunnah di setiap tempat.

Semoga Allôh membalas kebaikan kepada Anda atas segala daya dan upaya yang telah Anda kerahkan, dan semoga Allôh mengganjar Anda dengan pahala.

Adapun Ananda ‘Abdurrahman, semoga Allâh merahmatinya, maka beliau telah melalui jalannya para kafilah pembawa obor keimanan, yang menerangi jalannya orang-orang yang memiliki kebanggaan, izzah dan kehormatan. Semoga Allôh menempatkan beliau dan orang-orang yang bersamanya pada kedudukan dan derajat yang tinggi. Semoga Allôh Menguatkan hati Anda dan mengokohkan pijakan kaki Anda serta menurunkan pertolongan dan bantuan-Nya kepada Anda karena sesungguhnya Ia adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan akan memenuhi segala permintaan (hamba-Nya).

Betapapun upaya kita di dalam menolong saudara-saudara kita yang tertindas, kami tetap mengumumkan permohonan maaf kami atas segala kekurangan. Wallôhul Musta’ân.

Wassalamu’laykum Warohmatullâhi Wabarokâtuh.

Saudara Anda, Abûl Hasan as-Sulaymânî

Selasa, 23/1/1435

[sumber : http://mareb.org/showthread.php?t=15401]

 

FAIDAH :

Demikianlah sikap ulama yang obyektif lagi adil. Sebesar apapun perselisihan yang terjadi antara beliau dengan Syaikh Yahyâ al-Hajûrî di masa lalu (bahkan sampai sekarang), tidak menghalangi beliau untuk tetap turut merasakan kesedihan atas musibah yang menimpa Syaikh Yahyâ.

Bagi yang mengetahui bagaimana sepak terjang Syaikh Yahyâ di awal-awal fitnah perpecahan dengan Syaikh Abûl Hasan, tidak tersamar bahwa yang paling getol dan yang mengangkat pertama kali tahdzîr dan pengingkaran secara keras (bahkan sampai vonis bid’ah) kepada Syaikh Abûl Hasan adalah Syaikh Yahyâ. Juga yang paling keras di dalam mencela, mendikskreditkan dan menghujat Syaikh Abûl Hasan adalah Syaikh Yahyâ.

Namun ini semua tidak menghalangi Syaikh Abûl Hasan untuk tetap berempati dan memberikan dukungan bagi saudaranya yang tertimpa musibah, padahal dulunya saudaranya tersebut telah banyak menzhaliminya. Demikianlah sikap adil dan obyektif seorang ulama, yang tidak lantas merasa bergembira atas musibah yang dialami saudaranya yang seringkali berbuat zhalim kepada dirinya.

Semoga sikap-sikap seperti ini bisa menjadikan sebab-sebab persatuan ummat. Amin Ya Rabbal ‘Alamîn.


Related articles

Silakan berikan tanggapan...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: