KAIDAH EMAS DI DALAM MENGETAHUI RIWAYAT HADITS SHAHIH DAN DHA’IF

 May, 05 - 2007   Hadits

القَوَاعِدُ الذَّهَبِيَّةُ

لِمَعْرِفَةِ الصَّحِيحِ والضَّعِيفِ مِنَ المَرْوِيَّاتِ الحَدِيثِيَّةِ

 

KAIDAH EMAS

DI DALAM MENGETAHUI RIWAYAT HADITS SHAHIH DAN DHA’IF

 

Bagaimana mengetahui suatu riwayat itu hadits dan dha’if? Berikut ini merupakan paparan ilmiah, mudah dan ringkas dari asy-Syaikh al-Fadhil Abu ‘Umar Usamah al-Utaibi tentang kaidah-kaidah ilmiah dan kriteria sistematis bagaimana menghukumi atau menilai suatu hadits yang mesti dilalui oleh para peneliti hadits dan kritikusnya. Risalah ini tidak ditujukan bagi penuntut ilmu hadits pemula, namun bagi penuntut ilmu yang telah memahami prinsip dan pokok-pokok ilmu hadits, terutama yang pernah mengenyam harumnya ilmu mushtholahul hadits, ushulut takhrij dan dirosatul asaanid.

Bagi yang belum akrab dengan mushtholahul hadits disarankan untuk memahaminya sebelum membaca risalah ini, dikarena banyaknya istilah-ishtilah haditsiyah yang perlu difahami agar bisa memahami risalah ini secara utuh dan memadai. Risalah ini sebagaimana dikatakan oleh penulisnya sendiri, bukanlah untuk diterapkan langsung secara gegabah dan tergesa-gesa menetapkan keshahihan dan kelemahan suatu hadits. Tidak! Sekali-kali tidak! Menetapkan keshahihan dan kelemahan suatu hadits adalah hak ulama dan penuntut ilmu yang telah mumpuni dalam ilmu hadits, bukan hak setiap orang yang baru belajar atau mengecap harumnya ilmu hadits.

Namun risalah ini, sebagaimana dikehendaki oleh penulisnya, adalah untuk pelatihan, pembelajaran, pengetahuan dan pemahaman akan prinsip, kriteria dan kaidah-kaidah umum yang dilalui oleh para ulama hadits di dalam menshahihkan dan mendhaifkan sebuah hadits. Menambah wawasan dan memperluas cakrawala ilmu yang mulia ini, bukan untuk melampaui batas dan melompati kapasitas diri yang masih jauh dari dikatakan sebagai penuntut ilmu hadits, apalagi dikatakan ulama hadits.

Banyak sekali buku-buku yang membahas masalah ini secara terperinci, namun apa yang diuraikan oleh Syaikh Usamah al-Utaibi ini kiranya layak untuk ditelaah dan dipelajari sebagai dasar peletak frame berfikir global untuk memahami masalah ini secara terperinci. Bagi yang ingin beristifadah…

 

Silakan download

kaidah-emas-hadits.gif

Download juga E-books lainnya


Related articles

%d bloggers like this: